PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS V SDN PULAU TENGAH KECAMATAN PALAS LAMPUNG SELATAN

FITRIA , 1513069029 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS V SDN PULAU TENGAH KECAMATAN PALAS LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (781Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (610Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Pulau Tengah Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament di SDN Pulau Tengah Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian aktivitas siswa siklus I rata-rata aktivitas siswa siklus I yaitu 74,17 dan rata-rata aktivitas siswa siklus II yaitu 78,75, terdapat peningkatan aktivitas siswa 4,58. Persentase keaktifan siswa siklus I yaitu 85% dan persentase kaktifan siswa siklus II yaitu 90%, terdapat peningkatan keaktifan siswa 5%. Hasil penelitian hasil belajar siswa siklus I ratarata hasil belajar siswa siklus II yaitu 80,00, terdapat peningkatan hasil belajar siswa 5,00. Persentase ketuntasan siswa siklus I yaitu 75% dan persentase ketuntasan siswa siklus II yaitu 90%, terdapat peningkatan ketuntasan siswa sebesar 15%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Team Games Tournament

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 58191478 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2018 09:34
Terakhir diubah: 15 Jan 2018 09:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29783

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir