PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK

KHUSNUL MARIZA , 1523021011 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (870Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1042Kb)

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dengan pendekatan saintifik yang efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah pretestposttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan tes kemampuan pemahaman konsep. Uji-t dilakukan untuk mengetahui perbedaan rata-rata pada kemampuan pemahaman konsep. LKPD dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi, ahli media dan ahli psikologi. Hasil uji lapangan menunjukan peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan LKPD dengan pendekatan saintifik menunjukkan pencapaian 74% dan rata-rata gain 0,73. Hasil uji lapangan menunjukan peningkatan disposisi matematis peserta didik menunjukkan pencapaian 80% dan rata-rata gain 0,44. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik. Kata kunci: Disposisi Matematis, LKPD, Pemahaman Konsep, Pendekatan Saintifik ABSTRACT This research and development aims to produce LKPD with an effective scientific approach in terms of the ability of conceptual understanding and mathematical disposition. This development stage starts from preliminary study, preparation of LKPD, LKPD validation, initial field test, and field test. The subject of this research is the students of class VII SMP Negeri 3 Batanghari Lesson Year 2017/2018. The design of this research is pretest-posttest control group design. Research data obtained through observation, interviews, questionnaires and tests the ability to understand the concept. The t-test is performed to find out the average difference in conceptual comprehension. LKPD with developed scientific approach has been valid by material experts, media experts and psychologists. The result of field test showed improvement of students' concept comprehension ability using LKPD with scientific approach showed 74% achievement and average gain of 0.73. Field test results showed an increase in mathematical disposition of learners showed 80% achievement and average gain of 0.44. Based on the results can be concluded that LKPD with an effective scientific approach to improve the ability to understand the concept and disposition mathematical learners. Keywords: Mathematical Disposition, LKPD, Scientific Approach, Understanding conceptual

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 53589594 . Digilib
Date Deposited: 16 Jan 2018 06:44
Last Modified: 16 Jan 2018 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29788

Actions (login required)

View Item View Item