EFEK ALELOPATI EKSTRAK AIR DAUN MANGGA (Mangifera indica L. var. Arumanis) TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus L.)

DAVINA NATHANIA PRASETYA , 1417021023 (2018) EFEK ALELOPATI EKSTRAK AIR DAUN MANGGA (Mangifera indica L. var. Arumanis) TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (823Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (689Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ekstrak air daun mangga (Mangifera indica L.) dapat menghambat pertumbuhan rumput teki (Cyperus rotundus L.). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Botani Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung dari bulan September – Oktober 2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam rancangan acak lengkap dengan ekstrak air daun mangga sebagai faktor utama yang terdiri dari 5 taraf konsentrasi 0% b/v (kontrol), 5% b/v, 10% b/v, 15% b/v, dan 20% b/v serta terdiri dari 5 ulangan. Parameter yang diukur adalah panjang tunas, berat segar, berat kering, kandungan klorofil (a, b, dan total) dan kadar air relatif. Homogenitas ragam ditentukan dengan uji Levene pada taraf nyata 5%. Analisis ragam dan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) dilakukan pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak air daun mangga memberikan pengaruh yang signifikan pada panjang tunas, berat segar dan berat kering. Penurunan secara signifikan terjadi pada konsentrasi 20% b/v. Ekstrak air daun mangga tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada kandungan klorofil (a, b, dan total) serta kadar air relatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak air daun mangga (Mangifera indica L. var Arumanis) dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghambat pertumbuhan rumput teki (Cyperus rotundus L.). Konsentrasi ekstrak daun mangga yang efektif dalam menghambat pertumbuhan rumput teki adalah konsentrasi 20% b/v. Kata kunci : Alelopati, Daun mangga, Rumput teki

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 09845659 . Digilib
Date Deposited: 17 Jan 2018 03:21
Terakhir diubah: 17 Jan 2018 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29797

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir