PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMK

MOHAMMAD ZAIMUL UMAM , 1323011035 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2363Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2364Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mendeskripsikan kondisi dan potensi instrumen penilaian sikap yang ada dan digunakan saat ini, menghasilkan instrumen penilaian sikap, menguji tingkat validitas, dan menguji tingkat reliabilitas instrumen penilaian sikap pada pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D (four D). Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMK Ma’arif 5 Kotagajah Lampung Tengah, SMK Wiratama Kotagajah Lampung Tengah dan SMK Darusy Syafaah Lampung Tengah. Pelaksanaan uji coba penelitian pengembangan dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Data dikumpulkan dengan cara wawancara tidak terstruktur dan angket. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Kesimpulan pada penelitian adalah kondisi dan potensi awal sangat memungkinkan dan mendukung untuk dilakukan pengembangan intrumen penilaian sikap dan karakter, proses pengembangan dilakukan menggunakan tahap pengembangan yaitu studi pendahuluan, desain instrumen, desain dan pengembangan instrumen, ujicoba dan revisi produk, dan produk akhir, instrumen penilaian sikap dan karakter yang dihasilkan valid untuk digunakan dalam penilaian sikap dan karakter dengan rata-rata 0.852 dan 0.870. Instrumen penilaian sikap dan karakter hasil pengembangan memiliki nilai reliabilitas 0.989 dan 0.986 dengan kategori sangat tinggi. Kata kunci: instrumen penilaian sikap, karakter, pembelajaran matematika abstract The purpose of this research and development is describe the current condition and potential of attitude assessment instruments currently used, produce an instrument of attitude assessment, examine the validity, and test the level reliability of attitude assessment instruments on mathematics learning. This research is research and development refers to 4-D development model (four D). This development research conducted at vocational high school Ma'arif 5 Kotagajah Lampung Tengah, vocational high school Wiratama Kotagajah Lampung Tengah and vocational high school Darusy Syafaah Lampung Tengah. Implementation of research development trials conducted in the even semester of the academic year 2015/2016. Data were collected by unstructured interviews and questionnaires. Data analysed by validity and reliability test. The conclusion of this research is condition and potential of the beginning is very possible and support for the development the instrument of attitude and character assessment, development process is carried out using the development stage that is preliminary study, instrument design, instrument design and development, product trial and revision and final product, Attitudes and characters generated valid for use in the assessment of attitudes and characters with average 0.852 and 0.870. Instruments assessment of attitudes and character development results have a reliability value of 0.989 and 0.986 with very high category. Keywords: instrument of attitude assessment, character, learning mathematics

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 83498367 . Digilib
Date Deposited: 17 Jan 2018 08:49
Terakhir diubah: 17 Jan 2018 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29800

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir