PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR MEMBUAT DOKUMEN PENGOLAH ANGKA MELALUI METODE DRILL AND PRACTICE SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF 02 KOTAGAJAH

AHMAD RIDWAN , 1323011031 (2017) PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR MEMBUAT DOKUMEN PENGOLAH ANGKA MELALUI METODE DRILL AND PRACTICE SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF 02 KOTAGAJAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1108Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1109Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menganalisis dan menemukan dengan tepat: (1) langkah-langkah metode drill and practice, (2) desain perencanaan pembelajaran TIK dengan metode pembelajaran drill and practice, (3) proses pembelajaran TIK menggunakan metode pembelajaran drill and practice, (4) instrumen asessmen hasil belajar, dan (5) peningkatan hasil belajar TIK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tiga siklus. Tempat penelitian di MTs Ma’arif 02 Kotagajah materi membuat dokumen pengolah angka sederhana. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, dan dianalisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) langkah-langkah metode drill and practice yaitu mendapatkan tujuan-tujuan, mendemonstrasikan pengetahuan atau skill, memberikan latihan-latihan yang dibimbing, mengecek pemahaman dan memberikan feedback, memberikan latihan lanjut, (2) pembuatan desain pembelajaran diawali dengan analisis kebutuhan belajar siswa (umur siswa, kondisi siswa, keterampilan awal, gaya belajar, dan analisis karakter materi), desain yang digunakan adalah desain ASSURE, (3) proses pembelajaran dengan menggunakan metode drill and practice meningkatkan jujur dan disiplin siswa, (4) Evaluasi hasil pembelajaran TIK dengan dengan metode pembelajaran drill and practice dengan tes bentuk uraian memiliki validitas 0.85, 0.82, dan 0,83. Reliabilitas soal tes pada siklus 1, 2 dan 3 adalah 0,919;0,901; dan 0,915, (5) ketuntasan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII mencapai KKM 80%, sikap yang terukur adalah jujur, bekerja sama, disiplin, dan rasa ingin tahu. Kata kunci: hasil belajar, TIK, metode pembelajaran drill and practice abstract This study aims to improve the quality of learning by analyzing and finding accurately: (1) steps of drill and practice method, (2) design of ICT learning planning with drill and practice learning method, (3) ICT learning process using drill and learning method Practice, (4) learning result assessment instruments, and (5) improvement of ICT learning outcomes. This research is an action research with three cycles. Place of research in MTs Ma'arif 02 Kotagajah material create simple numerical processing document. Data were collected by observation and test, and analyzed qualitative descriptive. The results of the research are: (1) drill and practice method steps that is getting the objectives, demonstrating knowledge or skill, giving guided exercises, checking comprehension and giving feedback, giving further training, (2) making learning design begins with Analysis of students' learning needs (student age, student condition, initial skills, learning style, and character analysis of materials), the design used is ASSURE design, (3) learning process using drill and practice method improves honest and student discipline, (4) Evaluation of ICT learning outcomes with the method of learning drill and practice with test form description has validity 0.85, 0.82, and 0.83. Reliability of test questions in cycle 1, 2 and 3 are respectively 0.919; 0.901; And 0,915, (5) the exhaustiveness of cognitive learning result of grade VIII students reaches completeness criteria of at least 80%, measurable attitudes are honest, cooperative, disciplined, and curiosity. Keywords: learning outcomes, ICT, drill and practice learning methods

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 74454130 . Digilib
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:42
Terakhir diubah: 17 Jan 2018 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir