UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA TEMA 3 SISWA KELAS IV SDN 1 PALAS JAYA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

PITRI ASTUTI , 1513069028 (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA TEMA 3 SISWA KELAS IV SDN 1 PALAS JAYA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1120Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1120Kb)

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada tema 3 siswa kelas IV SDN Palas Jaya Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I terdapat 12 orang siswa aktif dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa mencapai 60%. Pada siklus II terdapat 18 orang siswa aktif dalam pembelajaran dan 2 orang siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa mencapai 90%. Pada hasil belajar siswa menunjukkan siklus I terdapat 12 orang siswa tuntas belajar dan 8 orang siswa belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 60%. Pada siklus II terdapat 18 orang siswa tuntas belajar dan 1 orang siswa belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 90%. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, snowball throwing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 27130306 . Digilib
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:23
Terakhir diubah: 18 Jan 2018 07:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29821

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir