PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI

SITI SOFIAWATI, 1423053054 (2017) PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (892Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (800Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen asesmen kinerja siswa kelas IV pada tema “Selalu Berhemat Energi” yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada tahapan-tahapan Borg and Gall. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 di Gugus Melati Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 131 siswa, sampel penelitian adalah 34 siswa kelas IV SD Negeri 9 Bandungbaru, sampel dipilih secara random. Alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, lembar observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan uji validitas pada tingkat validitas isi asesmen yang dikembangkan pada kategori “sangat baik” dan hasil uji reliabilitas mendapat 0.67, mempunyai kriteria reliabilitas ‘baik”. Dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen kinerja ini baik dan layak digunakan untuk mengukur dan menilai kinerja siswa baik aspek proses maupun produk pada kelas IV SD tema Selalu Berhemat Energi. Kata Kunci: Asesmen, Kinerja Siswa, Pembelajaran Terpadu. abstract This research aims to produce a performance assessment instrument of students of class IV on the theme “Always Save Energy” a valid and reliable. The method used research and development that refers to the stages of Borg and Gall. The population is fourth graders of elementary school who have applied Curriculum 2013 in Cluster Melati Adiluwih Sub-district of Pringsewu Regency, which amounts to 131 students, research sample has 34 fourth graders of SD Negeri 9 Bandungbaru, sample is randomly selected. Data collection tools used the interview guide, questionnaires, observation sheets and documents. The data analysis used in this research activity has descriptive qualitative data and quantitative descriptive. The results of this study indicate the validity test on the content validity level of the assessment developed in the "very good" category and the reliability test result gets 0.67, has the 'good' reliability criterion. It can be concluded that the performance assessment instrument was good and resonable to be used in measuring and assessing the students' performance in both the process and product aspects of the fourth grade of elementary school themes Always Save Energy. Key words: Assessment, Student Performance, Integrated Learning.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 19659218 . Digilib
Date Deposited: 19 Jan 2018 09:06
Terakhir diubah: 19 Jan 2018 09:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29831

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir