PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN PEMBERIAN HERBISIDA TERHADAP ALIRAN PERMUKAAN DAN EROSI PADA PERTANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) MUSIM TANAM KE-3

Maksum Amin Jauhari, 1214121118 (2017) PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN PEMBERIAN HERBISIDA TERHADAP ALIRAN PERMUKAAN DAN EROSI PADA PERTANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) MUSIM TANAM KE-3. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2802Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN.pdf

Download (2534Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) sistem olah tanah terhadap aliran permukaan dan erosi yang terjadi di lahan pertanaman jagung; (2) pemberian herbisida terhadap aliran permukaan dan erosi yang terjadi di lahan pertanaman jagung; (3) interaksi anara sistem olah tanah dan pemberian herbisida terhadap aliran permukaan dan erosi yang terjadi di lahan pertanaman jagung. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober 2016 sampai Februari 2017 di Laboratorium Lapang Terpadu dan Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Rancangan yang digunakan yaitu rancangan faktorial dalam Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) pada dua faktor perlakuan yaitu sistem olah tanah dan pemberian herbisida dengan empat kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aliran permukaan, erosi, tinggi tanaman, bobot basah gulma, bobot brangkasan tanaman dan produksi tanaman jagung pada olah tanah minimum tidak berbeda dibandingkan olah tanah penuh; (2) aliran permukaan dan erosi pada perlakuan pemberian herbisida tidak berbeda dibandingkan tanpa pemberian herbisida, tetapi pada tinggi tanaman, bobot gulma, bobot brangkasan dan produksi tanaman jagung berbeda; (3) Tidak ada interaksi yang terjadi antara perlakuan sistem olah tanah dan herbisida terhadap aliran permukan dan erosi, tinggi tanaman, bobot basah gulma, bobot brangkasan tanaman dan produksi tanaman jagung. Kata kunci : aliran permukaan, erosi, herbisida, olah tanah.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Depositing User: 84083420 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2018 02:21
Last Modified: 26 Jan 2018 02:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29834

Actions (login required)

View Item View Item