PROSES KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PEMBINA PRAMUKA DALAM MEMBENTUK NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PESERTA DIDIK (STUDI PADA PRAMUKA SMAN 2 MENGGALA)

FERNANDO HOSSE FAHREZI , 1416031055 (2018) PROSES KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PEMBINA PRAMUKA DALAM MEMBENTUK NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PESERTA DIDIK (STUDI PADA PRAMUKA SMAN 2 MENGGALA). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1185Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1186Kb) | Preview

Abstrak

Proses komunikasi antarpribadi dianggap paling efektif dalam upaya mengubah sikap, prilaku atau karakter pada diri seseorang melalui pendidikan kepramukaan sebagai upaya pencegahan prilaku penurunan moral saat ini pada remaja. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi antarpribadi pembina Pramuka dalam membentuk karakter dan untuk mengetahui bagaimana peserta didik mampu memaknai pesan yang disampaikan oleh pembina. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori DeVito dengan cara pendekatan humanistik. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembina Pramuka dapat membentuk karakter peserta didik, melalui proses komunikasi antarpribadi menggunakan dasa dharma Pramuka mampu membentuk rasa percaya diri, kemampuan bekerja sama, kemampuan bergaul, sikap mandiri, rasa empati dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa aspek keterbukaan, sikap mendukung, dan rasa empati adalah aspek yang paling efektif digunakan pembina Pramuka dan peserta didik. Kata Kunci : Komunikasi antarpribadi, Pramuka, Dasa Dharma, Pendekatan Humanistik, Peserta Didik. abstract The process of interpersonal communication is considered most effective in an attempt to change attitudes, behaviors or character in a person through scouting education as an effort to prevent current moral decline behavior in adolescents. Based on that problem, this study aims to determine the process of interpersonal communication of scout leaders in shaping the character and to know how learners are able to interpret the message conveyed by the coach. The theory used in this research is DeVito theory using humanistic approach. This research uses descriptive qualitative and the data was collected uses interview, observation, documentation, and library research. The results of this study indicate that the scout leaders can shape the character of the learners, through the process of interpersonal communication using dasa dharma scouts are able to establish selfconfidence, cooperative ability, sociability, independent attitude, empathy and good communication skills. This research shows that the aspect of openness, supportive attitude, and empathy are the most effective aspects used by scouts and learners. Keywords : Interpersonal Communication, Scouting, Dasa Dhrama, Humanistic Approach, Learn partticipants.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
> LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 76689941 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2018 08:25
Terakhir diubah: 22 Jan 2018 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29853

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir