PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF

Yuda Seta Mahendra, 1523022009 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN FISIKA.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1501Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1502Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendekatan metakognitif merupakan pendekatan yang sangat erat kaitannya dengan pengetahuan manusia. Salah satu hal yang harus diperhatikan guru dalam mengetahui bagaimana metakognitif bekerja adalah dengan pemberian bahan ajar berupa LKS (Lembar Kerja Siswa) dengan pendekatan metakognitif. Berdasarkan latar belakang masalah tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKS Fisika pada materi suhu dan kalor yang valid, praktis, dan efektif dengan model pembelajaran discovery berbasis pendekatan metakognitif. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan Sugiyono yang diadopsi dari model Borg N Gall. Subjek penelitian ini adalah 47 siswa kelas XI MIA, MA Bustanul Ulum Lampung Tengah. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) validitas LKS memenuhi kriteria cukup valid ditinjau dari aspek desain dan aspek materi; (2) kepraktisan LKS memenuhi kriteria baik ditinjau dari uji coba satu lawan satu dan angket respon siswa pada aspek kemenarikan, aspek kemudahan, dan aspek kemanfaatan yang masuk kategori baik; (3) efektivitas LKS yang ditinjau dari hasil belajar siswa menunjukan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi, dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Discovery, dan Metakognitif abstract Metacognitive approach is a very closely related approach to human knowledge. One of the things that must be considered by teachers in knowing how metacognitive work is by giving instructional materials in the form of LKS (Student Worksheet) with metacognitive approach. Based on the background of the problem of the objectives of this study to develop LKS Physics on the material temperature and heat calorically valid, practical, and effective with discovery-based learning model metacognitive approach. This type of research is research and development (R & D). The research procedure using Sugiyono development model adopted from Borg N Gall model. The subject of this research is 47 students of XI class MIA, MA Bustanul Ulum Central Lampung. The results of this research and development are (1) the validity of the LKS meet the criteria is quite valid in terms of design aspects and material aspects; (2) the practicality of LKS meet the criteria both in terms of one-on-one test and questionnaire responses students on aspects of attractiveness, aspects of ease, and aspects of usefulness in good category; (3) the effectiveness of LKS in terms of student learning outcomes shows of the experimental class is higher, compared to the control class. Keywords: Student Worksheet, Discovery, and Metacognitive

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 90459050 . Digilib
Date Deposited: 23 Jan 2018 06:25
Terakhir diubah: 23 Jan 2018 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29872

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir