Dian Romadhoni Asngari, (1423021077) (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN VISUAL THINKING. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2749Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1909Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar dengan berbantuan GeoGebra untuk memfasilitasi kemampuan Visual Thinking yang valid, praktis, dan efektif. Produk pembelajaran yang dikembangkan berupa LKPD dan media pembelajaran matematika berbantuan GeoGebra. Jenis penelitian ini penelitian pengembangan yang dilakukan melalui tahap preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VIII MTs Bandar Agung sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi ahli, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respons peserta didik, tes kemampuan Visual Thinking. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dan media pembelajaran matematika berbantuan GeoGebra yang dikembangkan berada pada kategori valid. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi aspek kepraktisan. Hal tersebut dapat dilihat dari: 1) keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba terbatas tergolong praktis serta keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba kelompok kecil terkategori sangat praktis; 2) penggunaan media GeoGebra dalam pembelajaran matematika yang dikembangkan ditinjau dari respon peserta didik tergolong praktis. LKPD dan media pembelajaran matematika berbantuan GeoGebra ini juga telah memenuhi aspek keefektifan yang dilihat dari tes kemampuan Visual Thinking peserta didik. Kata kunci : GeoGebra, LKPD, Kemampuan Visual Thinking abstract This study aims to develop students worksheet on learning mathematics of building a flat side space with GeoGebra assisted to facilitate valid, practical, and effective Visual Thinking capabilities. Learning product developed in the form of student worksheet and GeoGebra-assisted mathematics learning media. This type of research is development research conducted through preliminary research stage, prototyping stage, and assessment phase. This research involves students of class VIII junior high school as the subject of research. Data were collected using expert validation sheets, instructional observation sheets, student response questionnaires, Visual Thinking skills tests. The data obtained are further processed and analyzed descriptively. The results showed that student worksheet and GeoGebra supported mathematics learning media developed were in valid category. Based on the results of experiments conducted, it is found that learning tools have fulfilled the aspect of practicality. This can be seen from: 1) the implementation of learning in the limited trial is classified as practical and the implementation of learning in small group categorical testing is very practical; 2) the use of GeoGebra media in mathematics learning developed in terms of learners' responses are classified as practical. student worksheet and GeoGebra-assisted mathematics learning media have also fulfilled the effectiveness aspect seen from Visual Thinking ability test of learners. Keywords: GeoGebra, student worksheet, Visual Thinking Capabilities
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QA Mathematics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 02174417 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 02:39 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2018 02:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29905 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |