PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII

KIARA KEN LARAS , 1623041015 (2017) PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1529Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1530Kb) | Preview

Abstrak

Pengembangan bahan ajar cukup penting dilakukan agar pembelajaran lebih efektif, untuk itu diperlukan adanya penelitian pengembangan. Selaras dengan tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar dan mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar berupa “LKPD Menulis Teks Eksplanasi berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD”. Metode penelitian mengacu pada metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall sehingga didapat produk operasional berupa “LKPD Menulis Teks Eksplanasi berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD”. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada tiga sekolah di Kabupaten Lampung Selatan yang meliputi SMP N 2 Tanjung Bintang, MTs GUPPI Natar, dan SMP Al-Huda Jati Agung, pada tahun pelajaran 2017/2018. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli/pakar yang relevan yaitu ahli media dan ahli materi, penilaian teman sejawat, kemudian diujicobakan kepada siswa SMP tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) telah berhasil dikembangkan bahan ajar berupa “LKPD Menulis Teks Eksplanasi berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD”, (2) hasil penilaian kelayakan bahan ajar secara keseluruhan dinyatakan “Sangat Layak” oleh penilaian 2 ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Ahli media memberikan penilaian dengan persentase 89,58% dari aspek-aspek yang telah diujikan, ahli materi memberikan penilaian dengan persentase 93,1% dari aspek-aspek yang telah diujikan. Berdasarkan penilaian tersebut baik ahli media maupun ahli materi menyatakan bahan ajar ini layak diterapkan atau diujicobakan di lapangan dengan saran dan revisi. Kata Kunci: bahan ajar, menulis teks eksplanasi, dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ABSTRACT In order for effective learning, development of teaching materials is quite important. The purpose of this research is to produce the product of teaching materials and to describe the feasibility of teaching materials in the form of “LKPD of Writing Explanation Text based on Cooperative Learning Model with STAD type”. The method of this research according to the research and development method by adapting seven out of ten steps according to Borg and Gall, so that the operational product was obtained in the form of "LKPD Writing Text of Eksplanasi based on Cooperative Learning Model of STAD type". This research was conducted through observation, interview, and questionnaire dissemination at three schools in Lampung Selatan District which included SMP N 2 Tanjung Bintang, MTs GUPPI Natar, and SMP Al-Huda Jati Agung, in the academic year 2017/2018. Validation of product design is carried out by relevant experts / experts ie media experts and material experts, peer assessment, then tested to the junior high school students. The result of the research shows that (1) has been developed a teaching materials “LKPD of Writing Explanation Text based on Coopartive Learning Model with the STAD type”, (2) the assessment result of the teaching materials as a whole is stated "Very Eligible" by the assessment of media expert and material expert. Media experts rated 89.58% of the tested aspects, the material expert assessed the percentage of 93.1% of the aspects tested. Based on the assessment, both media experts and materials experts stated that this teaching material is feasible to be applied or tested in the field with suggestions and revisions. Keywords: teaching materials, writing explanation text, and cooperative learning model type STAD

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: 00654160 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:57
Last Modified: 25 Jan 2018 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29907

Actions (login required)

View Item View Item