RICCA NOVITA SARI , 1013022055 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL SIMULASI UNTUK PEMBELAJARAN STRUKTUR BUMI DAN BENCANANYA DI KELAS VII SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2022Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3034Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Struktur Bumi dan Bencananya merupakan materi IPA yang konsepnya bersifat abstrak. Materi ini menjelaskan tentang struktur dalam bumi, lapisan atmosfer, proses terjadinya gempa bumi, tsunami, dan gunung api. Materi ini tidak bisa dilihat secara langsung, sehingga siswa yang kurang memiliki kemampuan berpikir abstrak dan berimajinasi akan mengalami kesulitan dalam memahaminya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berupa multimedia interaktif yang mampu mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu dalam proses belajar mengajarnya. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif model simulasi yang tervalidasi dengan kualitas menarik, mudah, dan bermanfaat, serta efektif digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, penyusunan garis besar isi media dan penjabaran materi, serta penulisan naskah. Langkah selanjutnya adalah produksi media, yaitu menggabungkan teks, gambar, grafik, suara, animasi, video/simulasi, dan tombol interkatif dengan bantuan Macromedia Flash Professional 8 hingga menjadi produk multimedia Interkatif. Setelah media selesai diproduksi, selanjutnya dilakukan evaluasi ahli yang terdiri dari uji ahli materi dan uji ahli desain. Produk yang telah melewati evaluasi ahli kemudian direvisi berdasarkan kritik dan saran yang diberikan. Selanjutnya, produk hasil revisi diuji cobakan di lapangan yang meliputi uji coba satu lawan satu kepada tiga orang siswa dan uji coba kelompok kecil terhadap siswa kelas 7-1 SMPN 02 Bandar Lampung yang berjumlah 27 orang, diperoleh skor kemenarikan 3,58 (sangat menarik), skor kemudahan 3,63 (sangat mudah), dan skor kemanfaatan 3,61 (sangat bermanfaat). Produk efektif digunakan berdasarkan perolehan skor N-Gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Kata kunci: model simulasi, multimedia interaktif, penelitian pengembangan, struktur bumi dan bencananya.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 40607304 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 05:16 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2018 05:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29918 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |