PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA MAKALAH MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2017 DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI

DEACY PERMATA SARI , 1013041004 (2017) PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA MAKALAH MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2017 DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1087Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1088Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan konjungsi pada makalah tugas mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan konjungsi pada makalah tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah makalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Penggunaan konjungsi koordinatif berjumlah 802 penggunaan dengan ketepatan sebanyak 780 dan ketidaktepatan sebanyak 22 penggunaan. Penggunaan konjungsi subordinatif berjumlah 1.099 penggunaan dengan ketepatan sebanyak 1.059 dan ketidaktepatan 40 penggunaan. Penggunaan konjungsi korelatif berjumlah 24 penggunaan dengan ketepatan sebanyak 19 dan ketidaktepatan sebanyak 5 penggunaan. Konjungsi antarkalimat berjumlah 85 penggunaan dengan ketepatan sebanyak 50 dan ketidaktepatan sebanyak 35 penggunaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi mengenai konjungsi pada MKU Bahasa Indonesia yang diampu oleh Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd. sudah berhasil. Artinya, mahasiswa sudah mampu menggunakan konjungsi dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase penggunaan konjungsi yang menunjukan bahwa terdapat 95% penggunaan yang tepat dan hanya 5% penggunaan konjungsi yang tidak tepat. Materi mengenai konjungsi disajikan pada MKU Bahasa Indonesia Universitas Lampung tentang ciri-ciri utama kalimat efektif yang meliputi kelogisan, kepaduan, kesejajaran, dan kehematan. Materi yang berkaitan dengan penelitian ini terdapat dalam Kompetensi Standar MKU Bahasa Indonesia, yakni setelah mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia, mahasiswa dapat memiliki pengetahuan tentang kaidah penulisan Bahasa Indonesia laras ilmiah seperti EYD, kalimat efektif, paragraf , dan karya ilmiah sehingga dapat menerapkannya dalam tulisan secara benar dan Kompetensi Dasar 3, yakni setelah menyelesaikan pokok bahasan tentang ciri dan syarat kalimat efektif, mahasiswa diharapkan dapat membuat kalimat efektif secara tertulis dengan benar. Kata kunci: Penggunaan konjungsi, makalah mahasiswa fakultas kedokteran.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 77025413 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2018 01:59
Last Modified: 26 Jan 2018 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29930

Actions (login required)

View Item View Item