PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TEMATIK DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV

MERYNA PUTRI UTAMI, 1423053046 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TEMATIK DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2928Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (941Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan produk pengembangan lembar kegiatan peserta didik tematik dengan model inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar kelas IV. Metode penelitian menggunakan Research and Development. Alat pengumpulan data menggunakan test dan non test. Populasi penelitian sebanyak 256 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik area random sampling sebanyak 71 siswa. Tempat penelitian di SD Negeri 01 Sukamaju. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terwujudnya LKPD tematik dengan model inkuiri efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,436 kategori sedang, dan kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 0.8. dengan rerata 3.88 dengan kategori kritis. Kata kunci: lkpd, model inkuiri, berpikir kritis abstract This study aims were to know the affectiveness of the development produk which is the students’ thematic work sheet with Inquiry model to increase students’ learning outcomes and critical thinking at elementary school grade IV. This research model uses Research and Development. Data collection tools use test and non test. The number of population were 256 students. Sampling was done by area random sampling technique as many as 71 students. Place of study in SD Negeri 01 Sukamaju. Data were analyzed using N-Gain test. The result of the research shows that the development of tematic students’ work sheet with inquiry model effectively increase the students’ learning outcomes and critical thinking skill with N-Gain increase of 0.436 medium category, and critical thinking skill increased by 0.8 with average of 3.88 with critic category. Keywords: work sheet, inquiry model, critical thinking

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 33873248 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2018 07:48
Terakhir diubah: 26 Jan 2018 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29947

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir