Pengembangan Bahan Ajar berbasis Pill Pesenggiri Melalui Pendekatan Komunikatif Untuk menumbuhkan Karakter Siswa

Ade Siska, 1423045014 (2017) Pengembangan Bahan Ajar berbasis Pill Pesenggiri Melalui Pendekatan Komunikatif Untuk menumbuhkan Karakter Siswa. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1059Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1972Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This development research produces a product of teaching materials for 3rd grade of elementary school which develops through a communicative approach that is capable of growing “Piil Pesenggiri” character and affect the result of learning Lampungnesee speak development research carried out with the cycle model. Each cycle is done by product improvement and searched the appropriate solution to improve the student’s speaking skill. The teaching materials developed in accordance with student’s abitities and background. There are three stages in this research that is pre cycle stage, first cycle and second cycle. In the pre cycle stage, the learning is done traditionally by using the first-stage product that the researchers’s arranged. In the first cycleof learning carried out by using a product that has been revised based on the result of reflection in the pre-cycle stage. In the second cycle, the product is revised from the first cycle reflection result. This study observed the character assessment of students consisting of : (1) honesty as the embodiment of “bejuluk beadek”, (2) courtesy as the embodiment of “nemui nyimah”, (3) confidence as the embodiment of “nengah nyappur”, and (4) mutual help as the embodiment of “sakai sambayan”. In addition to observing the character assessment, this development assessment aims to see changes in learning achievement ability of grade 3 elementary school students. The data obtained shows that the development product in the form of learning material of this Lampung language able to grow the character of ‘Piil Pesenggiri” and influence the result of learning to speak of 3B students. And other facts obtained from this research that cooperative learning model was able to foster student self-confidence in addition to character changes, the ability to speak the Lampung language of student also increase. Key words: teaching material, Piil Pesenggiri, communicative approach. ABSTRAK Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar untuk kelas III tingkat sekolah dasar yang dikembangkan melalui pendekatan komunikatif yang mampu menumbuhkan sikap/karakter Piil Pesenggiri dan memengaruhi hasil belajar berbicara bahasa Lampung. Penelitian pengembangan dilakukan dengan model siklus. Setiap siklusnya dilakukan perbaikan produk dan dicari solusi yang tepat untuk memperbaiki keterampilan berbicara siswa. Bahan ajar yang dikembangkan disesuaikan dengan kemampuan dan latar belakang siswa. Ada tiga tahapan dalam penelitian ini, yaitu tahap pra penelitian/pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra penelitian/pra siklus pembelajaran dilakukan secara tradisional dengan menggunakan produk tahap awal yang disusun oleh peneliti. Di siklus I pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan produk yang sudah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi pada tahap pra penelitian. Di siklus II produk direvisi sesuai dari hasil refleksi pada siklus I. penelitian ini mengobservasi penilaian sikap/karakter siswa yang terdiri atas: (1) jujur sebagai wujud dari bejuluk beadek; (2) sopan santun sebagai wujud dari nemui nyimah; (3) percaya diri sebagai wujud dari nengah nyappur; dan (4) tolong-menolong sebagai wujud dari sakai sambayan. Selain mengobservasi penilaian sikap/karakter, penelitian pengembangan ini bertujuan untuk melihat perubahan kemampuan hasil belajar berbicara siswa di kelas III sekolah dasar. Data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa produk pengembangan yang berupa bahan ajar bahasa Lampung ini mampu menumbuhkan sikap/karakter Piil Pesenggiri dan mempengaruhi hasil belajar berbicara siswa di kelas III B. Dan fakta lain yang diperoleh dari penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif ternyata mampu menumbuhkan sikap/karakter percaya diri siswa. Selain perubahan sikap/karakter, kemampuan berbicara bahasa Lampung siswa pun mengalami peningkatan. Kata kunci: bahan ajar, Piil Pesenggiri, pendekatan komunikatif ABSTRAK Penelitian pengembangan sija ngehasilko sebuah produk sai bentukni bahan ajar guwai siswa di sekula dasar sai dikembangko melalui pendekatan komunikatif sai mampu numbuhko sikap/karakter Piil Pesenggiri ghik ngaruhi hasil belajar bebalah. Penelitian pengembangan dilakukan delom model siklus. Unggal siklusni dilakuko perbaikan produk ghik disepok solusi sai tepat guwai ngehelauko keterampilan bebalah siswa. Produk sai dikembangko disesuaiko jama kemampuan ghik latar belakang siswa. Wat telu tahapan delom penelitian sija, yakni tahap pra penelitian/pra siklus, siklus I dan siklus II. Di tahap pra penelitian/pra siklus pembelajaran dilakuko secara tradisional ngegunako produk tahap awal sai kak disusun jama peneliti. Di siklus I pembelajaran dilaksanako makai produk sai ghadu dihelauko berdasarko hasil refleksi di tahap pra penelitian. Di siklus II produk direvisi sesuai anjak hasil refleksi di siklus I. Penelitian sija ngobservasi penilaian sikap/karakter siswa sai terdiri anjak: (1) jujur sebagai wujud jak bejuluk beadek; (2) sopan santun sebagai wujud jak nemui nyimah; (3) percaya diri sebagai wujud jak nengah nyappur; ghik (4) tolong-menolong sebagai wujud jak sakai sambayan. Selain ngobservasi penilaian sikap/karakter, penelitian pengembangan sija munih bertujuan guwai ngenah perubahan kemampuan hasil belajar bebalah siswa di kelas III sekolah dasar. Data sai dimansa di lapangan nyulukko bahwa produk pengembangan sai berupa bahan ajar bahasa Lampung sija mampu numbuhko sikap/karakter Piil Pesenggiri ghik ngaruhi hasil belajar bebalah siswa di kelas III B. fakta sai baghihni sai diperoleh anjak penelitian sija bahwa model pembelajaran kooperatif dacok numbuhko sikap/karakter percaya diri siswa. Selain perubahan sikap/karakter, kemampuan bebalah siswa munih ngalami peningkatan. Kata kunci: bahan ajar, Piil Pesenggiri, pendekatan komunikatif

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: 24369583 . Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2018 04:02
Terakhir diubah: 30 Jan 2018 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30013

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir