PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI SEDAP MALAM (Polianthes tuberosa Linn)

YEFFI SETYANING UTAMI, 0914013218 (2016) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI SEDAP MALAM (Polianthes tuberosa Linn). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (657Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1398Kb)

Abstrak

Sedap malam (Polianthes tuberosa Linn) merupakan tanaman hias yang populer sebagai bunga potong dan bermanfaat. Jumlah produksi yang terus meningkat di tiap tahunnya, tidak diikuti dengan peningkatan produksi di luar daerah sentra penanaman sedap malam. Rendahnya produktivitas bunga potong sedap malam tersebut dapat disebabkan karena ketidaksesuaian lahan penanaman dan syarat tumbuh dari tanaman sedap malam. Alternatif untuk mengatasi masalah tersebut dengan teknik budidaya dengan menggunakan komposisi media tanam dan dosis pupuk NPK untuk menghasilkan bunga potong yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan dosis pupuk NPK serta interaksi terhadap sedap malam. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Gunung Terang Gg. Swadaya VI dari Desember 2013 sampai Juli 2014. Penelitian ini menggunakan Rancangan Kelompok Teracak Sempurna (RKTS) yang disusun secara faktorial dengan 3 ulangan. Setiap ulangan terdiri dari 2 polybag, sehingga jumlah satuan percobaan sebanyak 54 satuan percobaan. Faktor pertama adalah perlakuan media tanam dengan perbandingan pupuk kandang sapi, tanah, dan sekam yaitu 1:1:1 (m1), 2:1:1 (m2), 3:1:1 (m3). Faktor kedua adalah pupuk NPK yaitu 1,25g (n1), 2,5g (n2), dan 5g (n3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komposisi media tanam pupuk kandang: tanah: sekam 2:1:1(m2) dan 3:1:1(m3) menghasilkan panjang daun dan lebar daun terbaik, (2) perlakuan dosis pupuk NPK tidak berpengaruh terhadap seluruh variabel yang diamati, dan (3) tidak terdapat interaksi antara komposisi media tanam dengan dosis pupuk NPK terhadap sedap malam. Kata kunci: komposisi media, NPK, sedap malam

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
> Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 00966297 . Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2018 06:42
Terakhir diubah: 30 Jan 2018 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30023

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir