PERBEDAAN EFEK ANTI INFLAMASI JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc. Var. Rubrum) DAN JAHE PUTIH BESAR (Zingiber officinale Rosc. Var. officinarum) TERHADAP ULKUS GASTER TIKUS JANTAN GALUR Sprague dawley YANG DIINDUKSI PIROKSIKAM

PIESTA PRIMA BETA PAIRUL, 1418011163 (2018) PERBEDAAN EFEK ANTI INFLAMASI JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc. Var. Rubrum) DAN JAHE PUTIH BESAR (Zingiber officinale Rosc. Var. officinarum) TERHADAP ULKUS GASTER TIKUS JANTAN GALUR Sprague dawley YANG DIINDUKSI PIROKSIKAM. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2814Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2147Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Ulkus gaster adalah terputusnya kontinuitas mukosa lambung yang disebabkan karena banyak faktor, salah satunya adalah pemakaian obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Jahe merupakan tanaman obat yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia yang mengandung oleoresin, minyak atsiri, flavonoid, gingerol, shagol, paradol, aseton dan methanol yang dapat melindungi lambung dari kerusakan. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan gambaran inflamasi antara pemberian jahe merah dan jahe putih besar berdasarkan gambaran histopatologi gaster tikus jantan galur Sprague dawley yang diinduksi piroksikam. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental acak terkontrol dengan pola post test-only control group design yang menggunakan 30 ekor tikus yang dibagi menjadi 6 kelompok. Pada hari pertama semua tikus dipuasakan dan hanya diberikan minum. Pada hari kedua semua kelompok diberikan piroksikam 40mg. Setengah jam kemudian, kelompok 1 hanya diberikan minum, kelompok 2 dan 3 diberikan jahe merah 80mg dan 120mg, kelompok 4 dan 5 diberikan jahe putih besar 80mg dan 120mg dan kelompok 6 diberikan Omeprazole 20,5mg. 6 jam kemudian semua tikus diterminasi dan dibuat preparat serta dinilai derajat histopatologi. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan hasil uji anova p=0.036 (nilai p<0.05) artinya terdapat perbedaan yang bermakna dan dosis efektif jahe merah 80mg sedangkan dosis efektif jahe putih besar adalah 120mg. Simpulan: Terdapat perbedaan efek anti inflamasi antara pemberian jahe merah dan jahe putih besar terhadap ulkus gaster. Kata kunci : jahe merah, jahe putih besar, ulkus gaster.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > RS Pharmacy and materia medica
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 90743065 . Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2018 07:37
Terakhir diubah: 30 Jan 2018 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30042

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir