PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KUPANG TEBA BANDAR LAMPUNG

SISKA SEPTARIA , 1513069025 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KUPANG TEBA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1765Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1765Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Kupang Teba pada mata pelajaran IPS, yang menunjukan bahwa 56,76% siswa belum mencapai KKM. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa lembar observasi dan soal tes.Teknis analis data berupa analis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Kupang Teba. Hasil belajar afektif siswa siklus I dengan kategori “aktif” menjadi “sangat aktif” pada siklus II, hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I dengan katagori “terampil” menjadi “sangat terampil” pada siklus II, dan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I katagori “tinggi” menjadi “sangat tinggi” pada siklus II. Kata kunci: hasil belajar, snowball throwing.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 56410582 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2018 07:09
Last Modified: 31 Jan 2018 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30090

Actions (login required)

View Item View Item