EFEKTIVITAS BUKU SISWA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

ATIYA KAMILA , 1313023009 (2018) EFEKTIVITAS BUKU SISWA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (793Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (794Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan efektivitas buku siswa berbasis representasi kimia dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching only pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 150 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 5 dan kelas XI IPA 3. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t. Hasil pengujian statistik dari penelitian ini menunjukkan bahwa kategori rata-rata n-gain di kelas eksperimen sebesar 0,72 (kategori tinggi) dan nilai rata-rata postes pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa buku siswa berbasis representasi kimia Atiya Kamila pada materi larutan penyangga efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: pemahaman konsep, larutan penyangga, buku siswa berbasis representasi kimia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 28780036 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:06
Terakhir diubah: 01 Feb 2018 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30097

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir