TINDAK TUTUR ASERTIF PADA STAND UP COMEDY SUCI 6 KOMPAS TV MEI MAHATHIR GAMAYEL PERIODE MARET 2016 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

DIANA SARI, 1313041017 (2018) TINDAK TUTUR ASERTIF PADA STAND UP COMEDY SUCI 6 KOMPAS TV MEI MAHATHIR GAMAYEL PERIODE MARET 2016 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (596Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (596Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah fungsi komunikatif tindak tutur asertif pada Stand Up Comedy SUCI 6 Kompas TV Mei Mahathir Gamayel periode Maret 2016, bagaimanakah kelangsungan dan keliteralan tindak tutur asertif pada Stand Up Comedy SUCI 6 Kompas TV Mei Mahathir Gamayel periode Maret 2016 dan bagaimanakah implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan fungsi komunikatif tindak tutur asertif Mei Mahathir Gamayel pada Stand Up Comedy SUCI 6 Kompas TV, mendeskripsikan kelangsungan dan keliteralan tindak tutur asertif pada Stand Up Comedy SUCI 6 Kompas TV Mei Mahathir Gamayel periode Maret 2016 dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah teknik observasi non partisipasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peristiwa tutur dalam acara Stand Up Comedy SUCI 6 Kompas TV. Data penelitian ini berupa fungsi komunikatif tindak tutur asertif dalam tayangan Stand Up Comedy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur asertif menyatakan lebih banyak ditemukan daripada tindak tutur lainnya, tindak tutur asetif memberitahukan menempati urutan paling banyak kedua daripada tindak tutur lainnya, tindak tutur asertif menyarankan menempati urutan paling banyak ketiga, tindak tutur asertif membanggakan menempati urutan paling sedikit data yang ditemukan, tindak tutur asertif mengeluh menempati urutan paling banyak keempat, dan tindak tutur asertif melaporkan menempati urutan kelima, dengan jumlah data terdapat 211 data. Terdapat kelangsungan dan keliteralan tuturan pada tindak tutur asertif meliputi, yaitu tindak tutur langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak langsung. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) berdasarkan silabus Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar (KD) 3.3 menganalisis teks editorial atau opini, baik melalui lisan maupun tulisan. Kata Kunci: asertif, stand-up comedy, tindak tutur.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 73186868 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2018 06:56
Terakhir diubah: 01 Feb 2018 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30111

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir