PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL 95% KULIT BATANG BAKAU MINYAK (Rhizophora apiculata) TERHADAP HISTOPATOLOGI PARU PADA TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus) GALUR Sprague dawley YANG TERPAPAR ASAP ROKOK

VONISYA MUTIA, 1418011220 (2018) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL 95% KULIT BATANG BAKAU MINYAK (Rhizophora apiculata) TERHADAP HISTOPATOLOGI PARU PADA TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus) GALUR Sprague dawley YANG TERPAPAR ASAP ROKOK. Fakultas Kedokteran, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL 95% KULIT BATANG BAKAU MINYAK (Rhizophora apiculata) TERHADAP HISTOPATOLOGI PARU PADA TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus) GALUR Sprague dawley YANG TERPAPAR ASAP ROKOK Oleh VONISYA MUTIA Latar belakang: Setiap tahun nya terjadi peningkatan jumlah angka kematian yang disebabkan oleh rokok. Didalam rokok terkandung 4000 senyawa berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas yang terkandung dalam asap rokok tersebut menyebabkan stres oksidatif jaringan. Antioksidan berfungsi mencegah pembentukan radikal bebas dengan mendonorkan satu elektron nya. Rhizophora apiculata memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan jaringan paru. Metode: Penelitian ini menggunakan 30 ekor tikus yang terbagi dalam 3 kelompok selama 30 hari, yaitu kelompok kontrol yang tidak diberikan paparan asap rokok dan ekstrak kulit batang bakau (K), kelompok perlakuan 1 yang diberikan ekstrak kulit batang bakau minyak dengan dosis 56,55 mg/kgBB serta diberikan paparan asap rokok 2 batang perhari (P1), kelompok perlakuan 2 yang hanya diberikan paparan asap rokok. Histopatologi paru dinilai menggunakan mikroskop dengan perbesaran 400x. Data dianalisis menggunakan uji Kruskall-Wallis. Hasil penelitian: Hasil menunjukan terdapat pengaruh terhadap histopatologi paru yang diberikan paparan asap rokok (p=0,000) yaitu p<0,05. Nilai tengah pada kelompok percobaan yaitu pada kelompok K, KP1, KP2 adalah 0 (0-1), 2 (1-3) dan 3 (2-3). Simpulan: Pemberian ekstrak etanol 95% kulit batang bakau minyak (Rhizophora apiculata) berpengaruh terhadap histopatologi paru tikus yang dipaparkan asap rokok. Kata kunci : Antioksidan, Radikal bebas,Rrhizophora apiculata, Rokok.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 98521366 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2018 06:43
Terakhir diubah: 01 Feb 2018 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30112

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir