PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 KAMPUNG BARU

EKA WULANDARI, 1313053046 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 KAMPUNG BARU. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (984Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (985Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Kampung Baru yakni 27 orang siswa sudah tuntas dan 24 orang siswa belum tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 2 Kampung Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe role playing terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil perhitungan uji Independent Sampel t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, IPS, role playing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 65067775 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:18
Terakhir diubah: 01 Feb 2018 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir