PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SDN 4 TUGUSARI SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT

THRRESIA PRIMAYANTI , (1013043033) (2017) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SDN 4 TUGUSARI SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1306Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1907Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran seni budaya di SDN 4 Tugusari Sumberjaya Lampung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran seni budaya di SDN 4 Tugusari Sumberjaya Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran dan peran guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa yang mengikuti pembelajran seni budaya di kelas I SDN 4 Tugusari Sumberjaya Lampung Barat yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa lakilaki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari peran guru dalam pembelajaran seni budaya di SDN 4 Tugusari sumberjaya Lampung Barat menunjukan bahwa guru dapat menjalankan 9 peran guru yang harus dijalankan dalam pembelajaran seni budaya, yaitu guru sebagai perancang pembelajaran, (designer of instruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, guru sebagai evaluator (evaluator of student learning), guru sebagai konselor, guru sebagai pelaksana kurikulum, guru dalam menerapkan pembelajaran kurikulum berbasis lingkungan, tugas dan tanggung jawab guru, dan syarat guru yang baik dan berhasil. Kesesuaian latar belakang pendidikan dengan materi yang di terapkan di kelas I oleh guru sudah sesuian. Kata kunci: peran guru, pembelajaran, seni budaya ABSTARCT The formulation of the problem in the research is how the role of the teacher in applying the cultural arts learning at SDN 4 Tugusari Sumberjaya West Lampung. The purpose of this research to describle the role of the teacher in applying the cultural. Arts learning at SDN 4 Tugusari Sumberjaya West Lampung. The research uses the descriptive method with quantitative approach. The theories in this research are learning and the role of the teacher. The sources of data in this research are the cultural arts teacher and the students of SDN 4 Tugusari Sumberjaya West Lampung which amount to 30 students. And of 16 female students and 14 male students. The technique collecting the data that used in this research are observation, interview and documentation. The results of this research indicate that the teacher can apply of 9 the teacher roles in caltular arts learning. the teacher as the designer of instruction, the teacher as the manager of instruction, the teacher as the director of learning, the teacher as the evaluator (student evaluator), the teacher as the counselor, the teacher as the curriculum implementer, the teacher in applying the curriculum learning based environment, teacher duties and responsibilities, and good and successful teacher requirements, the suitability of educational background with materials that to applied the class room. Keywords: the role of teacher,Learning,Arts and culture

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
> NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 78321187 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:38
Terakhir diubah: 02 Feb 2018 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30135

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir