HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG EKOSISTEM DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

NINA NABILAH , 1313024061 (2018) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG EKOSISTEM DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1426Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1426Kb) | Preview

Abstrak

Pendidikan lingkungan hidup merupakan salah satu alternatif dalam upaya penanggulangan terhadap berbagai masalahan lingkungan. Melalui pendidikan lingkungan hidup, seperti program Adiwiyata, siswa akan memiliki pengetahuan dan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi dan arah hubungan antarvariabel, serta kontribusi pengetahuan tentang ekosistem dan perubahan lingkungan terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah desain korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung sejumlah 85 siswa yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini adalah data hasil tes pengetahuan tentang ekosistem dan perubahan lingkungan yang terdiri atas 20 soal pilihan jamak dan kuesioner sikap peduli lingkungan yang terdiri atas 20 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. iii Hasil penelitian pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang ekosistem dan perubahan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,032 < 0,05; (2) keeratan hubungan yang rendah antara pengetahuan tentang ekosistem dan perubahan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,233; (3) arah hubungan antara pengetahuan tentang ekosistem dan perubahan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan adalah positif yang ditunjukkan melalui persamaan garis regresi, yaitu 63,444 + 0,149 X; dan (4) tidak ada kontribusi yang besar dari pengetahuan tentang ekosistem dan perubahan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi, yaitu sebesar 5%. Kata Kunci: pengetahuan, ekosistem, perubahan lingkungan, sikap peduli lingkungan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 96321674 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:01
Last Modified: 02 Feb 2018 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30139

Actions (login required)

View Item View Item