DUKUNGAN KELUARGA TIDAK BAIK SEBAGAI FAKTOR RISIKO KETIDAKLENGKAPAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) IBU DI PUSKESMAS SUKAMAJU BANDAR LAMPUNG

AYU INDAH RACHMAWATI, 1418011036 (2018) DUKUNGAN KELUARGA TIDAK BAIK SEBAGAI FAKTOR RISIKO KETIDAKLENGKAPAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) IBU DI PUSKESMAS SUKAMAJU BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEDOKTERAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf

Download (345Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1897Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1406Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Angka kematian ibu (AKI) di Indonesia masih belum mencapai target yang telah ditentukan. Komplikasi kehamilan dan persalinan sebagai penyebab kematian ibu tersebut dapat dicegah dengan melakukan kunjungan antenatal care (ANC). Salah satu faktor yang diduga dapat memengaruhi kelengkapan kunjungan ANC adalah dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap kelengkapan kunjungan ANC di Puskesmas Sukamaju Bandar Lampung Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan metode case control. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 60 orang ibu, dengan masing-masing 30 orang ibu pada kelompok kasus dan kontrol. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dukungan keluarga yang terdiri dari 45 pertanyaan, serta kartu ibu di Puskesmas Sukamaju dan buku KIA milik ibu. Uji hipotesis yang digunakan adalah chi square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden kelompok kasus terdapat 21 orang (70%) mendapat dukungan keluarga tidak baik dan 9 orang (30%) mendapat dukungan keluarga baik. Sedangkan dari 30 responden kelompok kontrol terdapat 7 orang (23,3%) dengan dukungan keluarga tidak baik dan 23 orang (76,7%) dengan dukungan keluarga baik . Hasil uji chi square didapatkan nilai p-value 0,001 dan odds ratio sebesar 7,7 dengan IK 95% 2,424-24,245. Simpulan: Besar risiko dukungan keluarga yang tidak baik untuk terjadinya ketidaklengkapan kunjungan ANC Ibu di Puskesmas Sukamaju Bandar Lampung adalah 7,7 kali lebih besar dibandingkan dengan ibu dengan dukungan keluarga yang baik. Kata kunci: antenatal care, dukungan keluarga, ibu hamil.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > RG Gynecology and obstetrics
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 46877001 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2018 09:25
Terakhir diubah: 02 Feb 2018 09:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30155

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir