ANALISIS SITE EFFECT BERDASARKAN DATA MIKROTREMOR DAN NILAI PEAK GROUND ACCELERATION PADA SESAR OPAK, KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muhammad Fajri Nugroho Putra, 1315051031 (2018) ANALISIS SITE EFFECT BERDASARKAN DATA MIKROTREMOR DAN NILAI PEAK GROUND ACCELERATION PADA SESAR OPAK, KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kabupaten Bantul terletak di selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dekat dengan zona subduksi dan sesar aktif. Pada mitigasi bencana gempabumi,diperlukan klasifikasi kerentanan tanah dengan karakterisasi site effect dan skenario bahaya kegempaan dengan model DSHA. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan site effect dengan parameter nilai frekuensi dominan, Vs 30 dan amplifikasi, menentukan zona bahaya kegempaan dan membuat peta zona rawan bencana gempabumi berdasarkan site effect dan nilai PGA permukaan tanah. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari pengolahan data untuk memperoleh nilai frekuensi dominan, Vs30 dan amplifikasi, menghitung nilai PGA berdasarkan sumber gempa dari Sesar Opak dan membuat peta zona rawan bencana gempabumi di Kabupaten Bantul dengan sumber gempa berasal dari Sesar Opak. Mengenai site effect, untuk nilai frekuensi dominan dan Vs30 yang rendah menandakan ketebalan sedimen permukaan yang tebal, sehingga tergolong sebagai tanah lunak. Nilai amplifikasi berbanding terbalik terhadap frekuensi dominan dan Vs30. Nilai amplfikikasi yang tinggi memiliki tingkat resiko kerusakan yang tinggi, yang biasanya terdapat pada lapisan sedimen permukaan yang tebal. Sedangkan untuk PGA permukaan tanah, terjadi penguatan dibandingkan dengan besar PGA di batuan dasar secara tidak merata. Hal ini dikarenakan adanya efek amplifikasi yang bekerja pada beberapa titik. Daerah dengan nilai PGA tertinggi terdapat pada daerah yang dekat dengan Sesar Opak dan terus berkurang seiring bertambahnya jarak. Berdasarkan site effect dan estimasi PGA permukaan tanah, daerah yang paling rentan terhadap bencana gempabumi yaitu pada wilayah yang dekat dengan Sesar Opak. Hal ini dikarenakan faktor jarak dari sumber gempa dan jenis tanah lunak yang terdapat di sekitar Sesar Opak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > GB Physical geography
> QE Geology
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 25219979 . Digilib
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:33
Terakhir diubah: 06 Feb 2018 03:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30174

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir