HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG TERANG KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abdul Ajis, 1313053001 (2018) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG TERANG KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (733Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (559Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS dan disiplin belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS siswa di SD Negeri 1 Gunung Terang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sebanyak 38 siswa. Penelitian ini memiliki variabel bebas yaitu disiplin belajar dan variabel terikat prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa rhitung sebesar 0,774 > rtabel yaitu 0,320. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS siswa. Kata Kunci : disiplin, IPS, prestasi belajar ABSTRACT The problem that discussed in this study is the low learning achievement in social science subject and discipline of fifth grade elementary student. This study aimed to determine the relation between learning discipline and student learning achievement in social science subject of SD Negeri 1 Gunung Terang. The method that used in this study was correlational method. The population were all fifth graders. The samplw were 38 student that has been taken with total sampling. This study has independent variable and dependent variable; those were learning discipline and student learning achievement, respectively. The data were collected by observation, documentation, and questionnaire. The result of this study show that rcount is 0,774 > rtable is 0,320. It can be concluded that there is the positive and tight relation between learning achievement and student learning achievement in social science subject. Keywords: students of fifth grade, learning discipline, learning achievement in social science subject

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 64888772 . Digilib
Date Deposited: 05 Feb 2018 04:51
Terakhir diubah: 05 Feb 2018 04:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30180

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir