PERBEDAAN BERAT BADAN SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) BAGI BALITA GIZI KURANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEKALONGAN, LAMPUNG TIMUR

AMIRA PURI ZAHRA , 1418011235 (2018) PERBEDAAN BERAT BADAN SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) BAGI BALITA GIZI KURANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEKALONGAN, LAMPUNG TIMUR. UNIVERSITAS LAMPUNG, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf

Download (79Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (7Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PERBEDAAN BERAT BADAN SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) BAGI BALITA GIZI KURANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEKALONGAN, LAMPUNG TIMUR Oleh AMIRA PURI ZAHRA LatarBelakang : Status gizi berkaitan dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikomotorik, mental dan sosial. Masalah status gizi sering terjadi pada balita contohnya gizi kurang. Salah satu upaya untuk mengatasi kekurangan gizi pada kelompok usia balita adalah Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan. Tujuan : Mengetahui perbedaan berat badan sebelum dan sesudah Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan bagi balita gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Pekalongan, Lampung Timur. Metode : Jenis penelitian ini adalah quassy experimental dengan rancangan one group before and after design. Penelitian dilakukan pada bulan November – Desember 2017. Populasi pada penelitian adalah semua balita gizi kurang di Puskesmas Pekalongan, Lampung Timur. Jumlah sampel sebanyak 34 responden dengan teknik purposive sampling. Data berat badan diambil sebelum dan sesudah pemberian makanan tambahan pemulihan selama 1 bulan. Hasil : Hasil penelitian menunjukan responden laki – laki sebanyak 13 dan perempuan 21 balita. Responden terbanyak berusia > 12 bulan sebesar 27 balita. Rerata berat badan sebelum dan sesudah Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) sebesar 8,67 kg dan 9,36 kg. Uji T didapatkan nilai p 0,000. Kesimpulan : Terdapat perbedaan berat badan sebelum dan sesudah Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan. Kata Kunci : balita, pemberian makanan tambahan pemulihan, gizi kurang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 06812783 . Digilib
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:05
Terakhir diubah: 06 Feb 2018 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30203

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir