HUBUNGAN HASIL PEMERIKSAAN ASPARTATE TRANSAMINASE DAN ALANINE TRANSAMINASE TERHADAP DERAJAT KEPARAHAN PASIEN INFEKSI DENGUE DI RS URIP SUMOHARJO BANDARLAMPUNG

MUTY HARDANI , 1418011136 (2018) HUBUNGAN HASIL PEMERIKSAAN ASPARTATE TRANSAMINASE DAN ALANINE TRANSAMINASE TERHADAP DERAJAT KEPARAHAN PASIEN INFEKSI DENGUE DI RS URIP SUMOHARJO BANDARLAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (INGGRIS INDONESIA).pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (8Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK HUBUNGAN HASIL PEMERIKSAAN ASPARTATE TRANSAMINASE DAN ALANINE TRANSAMINASE TERHADAP DERAJAT KEPARAHAN PASIEN INFEKSI DENGUE DI RS URIP SUMOHARJO BANDARLAMPUNG Oleh MUTY HARDANI Latar belakang: Infeksi dengue adalah salah satu penyakit menular yang menjadi masalah penting bagi kesehatan masyarakat dunia. Infeksi ini menyebabkan kerusakan banyak organ termasuk hati. Pasien dengan kadar aspartate transaminase (AST) dan alanine transaminase (ALT) yang meningkat lebih rentan mengalami infeksi dengue dengan derajat keparahan yang tinggi. Namun hingga saat ini peningkatan AST dan ALT belum dimasukan sebagai salah satu indikator derajat keparahan. Tujuan: Untuk megetahui ada tidaknya hubungan hasil pemeriksaan aspartate transaminase dan alanine transaminase terhadap derajat keparahan pasien infeksi dengue. Metode: Penelitian menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Dilakukan di RS Urip Sumoharjo pada bulan Oktober-Desember 2017. Jumlah sampel 21 orang dengan teknik total sampling. Pemeriksaan AST dan ALT dilakukan menggunakan automated clinical chemistry analyzer (ACA) TRX 7010. Hasil: Pasien dengan peningkatan AST (66,7%) lebih banyak dibandingkan ALT (52,4%). Puncak peningkatan terjadi pada hari ke-6. Uii korelasi gamma mengenai hubungan antara hasil pemeriksaan AST dan ALT terhadap derajat keparahan mendapatkan p value = 0,000 (<0,05) dan r = 0,891 (0,76-1,00). Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara hasil pemeriksaan AST dan ALT terhadap derajat keparahan penyakit, dimana semakin tinggi kadar AST dan ALT maka akan semakin berat derajat keparahan pasien. Kata kunci: ALT, AST, dengue, derajat keparahan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 94370036 . Digilib
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:02
Terakhir diubah: 06 Feb 2018 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30217

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir