HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DAN GAMBAR DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDNRATU KECAMATAN BATU BRAK LAMPUNG BARATTAHUN PELAJARAN 2016/2017

SELVIRA AGNESIA, 1113053105 (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DAN GAMBAR DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDNRATU KECAMATAN BATU BRAK LAMPUNG BARATTAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (553Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang terampil dalam membaca. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan penggunaan media kartu huruf dan gambar dengan keterampilan membaca siswa Kelas 1 SDN Ratu Kecamatan Batu Brak Lampung Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel sebanyak 20 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan studi dokumentasi, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis non-parametrik uji koefisien korelasi peringkat spearman yang diolah menggunakan program SPSS versi 23.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa: (1) Hasil uji koefisien korelasi rank spearman pertemuan pertama ada hubungan cukup antara antara penggunaan media kartu huruf dan kartu gambar dengan keterampilan membaca siswa Kelas 1 SDN Ratu Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat hal itu dapat dilihat dari nilai correlation coefficient sebesar 0.457. (2) Kedua ada hubungan yang sangat tinggi antara penggunaan media kartu huruf dan kartu gambar dengan keterampilan membaca siswa Kelas 1 SDN Ratu Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat hal itu dapat dilihat dari nilai correlation coefficient sebesar 0.935. (3) Ketiga ada hubungan yang tinggi antara penggunaan media kartu huruf dan kartu gambar dengan keterampilan membaca siswa Kelas 1 SDN Ratu Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat hal itu dapat dilihat dari nilai correlation coefficient sebesar 0.706. Kata Kunci: kartu gambar, huruf, keterampilan membaca abstract The problem in this research is less skilled learners in reading. The aim in this study is to find out and analyze the relationship of the letter cards and media use images with intermediate reading of grade 1 SDN Ratu Kecamatan Batu Brak Lampung Barat Lesson Year 2015/2016. This research using quantitative methods, with as many as 20 people sample, data collection techniques used in this research is the observation and study of documentation, data analysis in this study using a non-parametric test analysis spearman rank correlation coefficient which is processed using SPSS program version 23.00 for windows. Based on the results of research in the know that: (1) the correlation coefficient test rank spearman first meeting there is a relationship between media use enough cards of letters and cards image by reading skills of grade 1 SDN Ratu Kecamatan Batu Brak Lampung Barat it can be seen from the value of the correlation's of 0.457 (2) Second meeting there is a very high relationship between media use card letters and cards image by reading skills of grade SDN I Ratu Kecamatan Batu Brak Lampung Barat it can be seen from the value of the correlation's of 0.935 (3) The third there is a connection between the high use of media card letters and cards image by reading skills of grade 1 SDN Ratu Kecamatan Batu Brak Lampung Barat it can be seen from the value of the correlation's of 0.706. Keywords: card pictures, letters, reading skills

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 92806196 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2018 05:04
Last Modified: 07 Feb 2018 05:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30228

Actions (login required)

View Item View Item