PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TULANG BAWANAG TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017

Nevi Indah Saputri, 1213052022 (2017) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TULANG BAWANAG TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1837Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1684Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan memberikan layanan konseling kelompok teknik modeling pada siswa SMP Negeri 5 Tulang bawang Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Data diperoleh dari hasil skala yang telah diisi oleh siswa pada pretest dan posttes. Subjek penelitian terdiri dari tujuh orang siswa kelas VIII yang memiliki motivasi belajar rendah. Subjek dijaring dengan teknik purposive sampling. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan statistik non parametris yaitu uji wilcoxon dan didapat nilai Z hitung < Z tabel yaitu adalah 1,866 < 2,013, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diberikan konseling kelompok teknik modeling. Kesimpulan hasil penelitian adalah bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok teknik modeling pada siswa kelas VIII SMPN 5 Tulang Bwang Tengah. Kata kunci: konseling kelompok, modeling, motivasi bealajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 42899116 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2018 08:17
Terakhir diubah: 07 Feb 2018 08:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30238

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir