KETEPATAN PEMBERIAN DOSIS OBAT ANTITUBERKULOSIS KATEGORI SATU TERHADAP KONVERSI SPUTUM BTA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS RAWAT INAP KEMILING BANDAR LAMPUNG

Helimawati Rosita, 1418011100 (2018) KETEPATAN PEMBERIAN DOSIS OBAT ANTITUBERKULOSIS KATEGORI SATU TERHADAP KONVERSI SPUTUM BTA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS RAWAT INAP KEMILING BANDAR LAMPUNG. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1866Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1868Kb) | Preview

Abstrak

Latar Belakang: Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang memerlukan terapi jangka panjang. Konversi sputum basil tahan asam (BTA) digunakan untuk menilai kesuksesan terapi. Salah satu penentu keberhasilan terapi pada penyakit tuberkulosis adalah ketepatan pemberian dosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk melihat apakah terdapat hubungan antara ketepatan pemberian dosis obat antituberkulosis kategori 1 terhadap konversi sputum BTA. Metode Penelitian: Penelitian dengan pendekatan penelitian cross-sectional melibatkan sumber data kartu pengobatan TB 01 yang dilakukan secara retrospektif. Populasi adalah pasien tuberkulosis yang tidak memiliki komplikasi penyakit lain, laki-laki dan perempuan dari November 2014 sampai Juni 2017. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yang memenuhi beberapa kriteria. Variabel bebas adalah ketepatan pemberian dosis dan variabel terikat adalah konversi sputum BTA setelah pengobatan 5 bulan. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89,2% menerima pengobatan yang sesuai. Keberhasil terapi menunjukkan bahwa 89,2% mendapatkan pengobatan lengkap dan sembuh, 10,8% pasien gagal dalam keberhasilan terapi. Data dianalisis dengan Fisher’s Exact Test (p value>0,05) menunjukkan hasil bahwa tidak ada hubungan antara ketepatan pemberian dosis obat antituberkulosis kategori 1 terhadap konversi sputum BTA (p value=1,000). Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara ketepatan pemberian dosis obat antituberkulosis kategori 1 terhadap konversi sputum BTA. Kata Kunci: Ketepatan dosis obat, konversi sputum BTA, tuberkulosis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > RS Pharmacy and materia medica
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 76195397 . Digilib
Date Deposited: 08 Feb 2018 05:05
Terakhir diubah: 08 Feb 2018 05:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30239

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir