Septiara Belina, 1013034016 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X 3 SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (758Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1141Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada pokok bahasan hidrosfer mata pelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 3 SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, aktivitas, dan hasil belajar. Analisis data menggunakan persentase. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai aktivitas dan hasil belajar siswa secara umum mengalami peningkatan pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan skor aktivitas siswa yang diperoleh melalui observasi. Berdasarkan data yang diperoleh, aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65% meningkat pada siklus II menjadi 75% dan pada siklus III sudah mencapai 90%, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas yaitu 37,50%, meningkat di siklus II menjadi 51,51%, dan meningkat kembali di siklus III menjadi 82,86%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X 3 SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, course review horay. abstract This research aimed to improve the activity and learning outcome of student by applying cooperative learning model type Course Review Horay on the subject of hydrosphere in geography. This research used Classroom Action Research (CAR) method conducted in 3 cycles. The subjects of the research were the students of grade X 3 SMA Gajah Mada Bandar Lampung in the academic year 2016/2017. The object of research is cooperative learning model of Course Review Horay type, activity, and learning result. Data analysis using percentage. The data taken was the result of final test cycle and observation result of learning activity. The results showed that the activity and learning outcome of students in general increased in cycle I, cycle II, and cycle III. This was evidenced by the increased value of student activity obtained through observation. Based on the data obtained, student learning activity in cycle I of 65% increased in cycle II to 75% and in cycle III has reached 90%, while for student learning outcomes in the first cycle students who complete is 37.50%, increased in cycle II to 51.51%, and increased again in cycle III to 82.86%. So it can be concluded cooperative learning model Course Review Type Horay can increase the activity and learning outcome students class X 3 SMA Gajah Mada Bandar Lampung 2016/2017 academic year, so this research was succesfull. Keywords: learning activity, learning outcome, cooperative learning model, course review horay.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > G Geography (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 47612544 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 03:58 |
Terakhir diubah: | 08 Feb 2018 03:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30251 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |