HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIAL EKONOMI DAN RISIKO KURANG ENERGI KRONIS (KEK) PADA MAHASISWI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS LAMPUNG

FERNANDA KUSUMAWARDANI, 1418011085 (2018) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIAL EKONOMI DAN RISIKO KURANG ENERGI KRONIS (KEK) PADA MAHASISWI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEDOKTERAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1044Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSITANPAPEMBAHASAN (1).pdf

Download (894Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang: Kurang Energi Kronis (KEK) merupakan masalah yang banyak ditemui pada kelompok wanita usia subur (WUS) salah satunya adalah mahasiswi.Berdasarkan studi pendahuluan, sekitar 60% mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung berisiko KEK. KEK dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu uang saku, teman sebaya, dan media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketiga faktor tesebut dan risiko KEK pada mahasiswi FKIP Universitas Lampung. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional terhadap 190 mahasiswi FKIP Universitas Lampung. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner uang saku, Peer Influence Scale,Media Influence Scale,dan pita ukur. Data yang didapat dianalisis secara bivariat menggunakan uji Chi Square dan Fisher Exact. Hasil: Terdapat 38,95% mahasiswi berisiko KEK dan 61,05% yang tidak berisiko KEK. Jumlah kedua responden dengan uang saku kurang dan cukup adalah sama (50%). Satu mahasiswi (0,5%) menyatakan bahwa teman sebaya memiliki pengaruh dan 99,5% menyatakan tidak berpengaruh. Media mempengaruhi 36,3% mahasiswi dan 63,7% tidak dipengaruhi oleh media. Berdasarkan analisis bivariat, p value hubungan antara uang saku dan risiko KEK adalah 0,552, hubungan antara teman sebaya dan risiko KEK adalah 1,000, hubungan antara media dan risiko KEK adalah 0,006. Simpulan: Terdapat hubungan antara media dan risiko KEK namun tidak terdapat hubungan antara uang saku dan teman sebaya terhadap risiko KEK pada mahasiswi FKIP Unila Kata kunci: kurang energi kronis, mahasiswi, media, teman sebaya, uang saku.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > RZ Other systems of medicine
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 86061782 . Digilib
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:03
Terakhir diubah: 09 Feb 2018 07:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30291

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir