KOMUNITAS NEMATODA DAN TINGKAT KERUSAKAN TANAMAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora var robusta) TUA DI KABUPATEN TANGGAMUS, PROVINSI LAMPUNG

Ananda Rizki Lerian, 1314121014 (2018) KOMUNITAS NEMATODA DAN TINGKAT KERUSAKAN TANAMAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora var robusta) TUA DI KABUPATEN TANGGAMUS, PROVINSI LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (319Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (10Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (10Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui genus dan populasi nematoda parasit tumbuhan yang dominan serta tingkat kerusakan tanaman kopi robusta (Coffea canephora var robusta) tua. Penelitian dilakukan pada bulan Februari – Agustus 2017, dengan pemilihan desa dilakukan secara acak tetapi beberapa dipilih secara purposive berdasarkan rekomendasi dari PT Nestle Indonesia di kabupaten Tanggamus. Nematoda dari tanah diekstraksi menggunakan metode penyaringan bertingkatdan sentrifugasi menggunakan larutan gula sedangkan nematoda dari akar diekstraksi menggunakan metode Baerman yang dimodifikasi. Nematoda diidentifikasi sampai tingkat genus berdasarkan ciri morfologinya. Nematoda parasit tumbuhan yang dominan ditentukan berdasarkan Prominence Value dalam komunitasnya. Data tingkat kerusakan tanaman, kelimpahan seluruh nematoda, dan kelimpahan nematoda parasit tumbuhan dominan dianalisis ragam dan pemisahan nilai tengah menggunakan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 37 genus nematoda yang meliputi 22 genus nematoda hidup bebas dan 15 genus nematoda parasit tumbuhan. Lima genus nematoda parasit tumbuhan yang dominan yaitu Pratylenchus, Paratylenchus, Rotylenchulus, Tetylenchus dan Tylenchus. Pratylenchus merupakan nematoda parasit tumbuhan yang paling dominan paling tinggi di semua kebun yang disurvai. Kelimpahan Pratylenchus berkisar 29-84 individu/300cc tanah dan 0-3 individu/ 10 gram akar. Tingkat kerusakan tanaman mutlak (keterjadian) 59% - 86%, tingkat kerusakan relatif (keparahan) pada tajuk berkisar 32,76 (rusak sedang) - 53,45% (rusak parah), dan intensitas kerusakan akar berkisar 25,5 (rusak sedang) - 70,5 % (rusak parah). Kata kunci: Kopi robusta tua, Tanggamus, Tingkat kerusakan, Pratylenchus.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 05699404 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:33
Terakhir diubah: 15 Feb 2018 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30337

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir