PEMBELAJARAN TARI MELINTING MENGGUNAKAN MODEL EKSPOSITORI PADA KELAS IV DI SD NEGERI 1 GONDANG REJO PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR

RANI NURMA ANGGREINI, 1013043006 (2017) PEMBELAJARAN TARI MELINTING MENGGUNAKAN MODEL EKSPOSITORI PADA KELAS IV DI SD NEGERI 1 GONDANG REJO PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2799Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2799Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan pembelajaran tari melinting dengan menggunakan model ekspositori pada kelas IV di SD Negeri 1 Gondang Rejo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari melinting menggunakan model ekspositori dan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran. Peneitian ini merupakan penelitian deskriptif metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru tari SD Negeri 1 Gondang Rejo Lampung Timur dan 20 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, pendokumentasian yang dilakukan dengan menggunakan kamera dan teknik test. Langkah-langkah penggunaan model ekspositori Guru mempersiapkan bahan ajar materi, Guru menjelaskan materi, guru membentuk kelompok, Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka, guru menilai hasil diskusi, Menyiapkan laporan akhir guru memberikan tes tertulis tentang materi yang disampaikan, dan guru mengambil nilai hasil tes tertulis tersebut. Hasil pembelajaran model ekspositori menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian mendapat kriteria cukup dengan rata-rata skor 74%. Kata Kunci : Pembelajaran, tari melinting, Ekspositori. ABSTRACT The Problem of the research is how to use melinting dance in teaching learning with ekspository model at the fourth grade of elementary school 1 Gondong Rejo Lampung Timur in Academic Year 2015/2016. This research was aimed at describing process teaching learning by using ekspository model and the result of students after the teaching learning process. The Data collection method namely observation, interview, documentation by using Camera and test technique. This research is descriptive research qualitative method. Sources of data in this research are teacher dancing of elementary school 1 Gendong Rejo Lampung Timur and 20 students. Steps of using ekspository model, the teacher prepare the material, and then, the teacher explain to the student next the teacher explain about the material, after that the teacher make a group and the students give assessment for discuss about the material, the students present about the result from the group, the teacher give score of their result, the teacher prepare the last report and give writing test about material and the teacher take score result of test. The teacher take four score aspect from discussion group, presentation result and writing test result. Result of teaching learning ekspository model show that mean from all aspect score can enough characteristic with score mean 74%. Keywords: Learning, Melinting Dance, Ekspository.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 88786445 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2018 08:49
Terakhir diubah: 19 Feb 2018 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30408

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir