PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP KELAS VII DI KOTA BANDAR LAMPUNG

UMI NURKHASANAH, 1313024087 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP KELAS VII DI KOTA BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2442Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1253Kb) | Preview

Abstrak

Buku penuntun praktikum digunakan untuk menunjang terlaksananya kegiatan laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) karakteristik buku penuntun praktikum klasifikasi makhluk hidup yang dipakai guru SMP di Bandar Lampung dan buku penuntun praktikum klasifikasi makhluk hidup dengan model ADI, (2) kondisi optimum alat, bahan, dan prosedur praktikum klasifikasi makhluk hidup, (3) keterlaksanaan kegiatan praktikum, (4) penilaian pendidik terhadap buku penuntun praktikum yang dikembangkan, dan (5) respons siswa terhadap buku penuntun praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan (define, design, develop, dan disseminate) tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan berbagai instrumen, yaitu: angket validasi buku penuntun praktikum, angket respons siswa, lembar optimasi buku penuntun praktikum, dan lembar observasi keterlaksanaan prosedur praktikum. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik buku penuntun yang dipakai guru SMP di Bandar Lampung hanya berisi instruksi langsung sehingga belum memfasilitasi siswa untuk melatih kemampuan argumentasinya, sedangkan karakteristik buku penuntun praktikum klasifikasi makhluk hidup yang dikembangkan dengan model ADI yaitu memiliki sampul yang menarik, lembar kerja praktikum meliputi identitas siswa, judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan penelitian, alat dan bahan, langkah kerja, argumentasi pada papan tulis, sesi argumentasi, laporan, dan format buku menggunakan huruf Franklin Gothic Book font 12. Kondisi optimum alat, bahan, dan prosedur praktikum yaitu dengan digunakannya loupe (kaca pembesar), situs web, dan tumbuhan untuk menunjang siswa melakukan praktikum dan prosedur yang digunakan pada penelitian ini adalah mengacu pada langkah-langkah dalam model ADI yang meliputi identifikasi tugas, pengumpulan data, produksi argumen tentatif, sesi interaktif argumentasi, dan penyusunan laporan penyelidikan. Hasil keterlaksanaan penuntun praktikum menunjukkan rata-rata 97% sehingga diperoleh kriteria “hampir seluruh kegiatan terlaksana”. Penilaian pendidik menunjukkan rata-rata 81% dan 92% dengan kategori “baik sekali”. Respons siswa menunjukkan skor 99% dengan kategori “baik sekali”. Buku penuntun praktikum klasifikasi makhluk hidup dengan model ADI untuk siswa SMP kelas VII dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa. Kata Kunci : buku penuntun praktikum, klasifikasi makhluk hidup, model Argument Driven Inquiry (ADI)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 05114568 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:01
Terakhir diubah: 20 Feb 2018 04:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30420

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir