CAMPUR KODE DALAM PERCAKAPAN BAHASA PENYIAR RADIO RRI PRO 2 FM BANDAR LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ZAKI PRATAMA, 1013041072 (2017) CAMPUR KODE DALAM PERCAKAPAN BAHASA PENYIAR RADIO RRI PRO 2 FM BANDAR LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1679Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1507Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah campur kode dalam acara SPADA di RRI Pro 2 FM Bandar Lampung dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab campur kode dalam acara SPADA dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah percakapan audio dalam acara SPADA di RRI Pro 2 FM Bandar Lampung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap kemudian teknik catat. Kajian campur kode dalam penelitian ini meliputi bentuk dan faktor penyebab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa campur kode yang terdapat dalam percakapan penyiar radio RRI Pro 2 FM Bandar Lampung, yaitu dalam bentuk kata, frasa, baster, perulangan kata dan klausa. Faktor penyebab campur kodeadalah latar belakang sikap penutur dan kebahasaan. Kajian campur kode ini dapat digunakan oleh guru sebagai tambahan materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA, khususnya siswa kelas XI SMA semester genap. Guru dapat memanfaatkan campur kode dalam pembelajaran kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar 4.2 memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakterisitik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Kata kunci: acara SPADA, campur kode, implikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 74362347 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2018 06:38
Terakhir diubah: 20 Feb 2018 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30438

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir