ANALISIS DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA MENJUAL PRODUK PANGAN OLAHAN TANPA IZIN EDAR ( Studi Putusan Nomor 1351/Pid.B/2015/PN.TJK)

THIOMAS BRILIYAN MUROL, 1212011340 (2018) ANALISIS DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA MENJUAL PRODUK PANGAN OLAHAN TANPA IZIN EDAR ( Studi Putusan Nomor 1351/Pid.B/2015/PN.TJK). Fakultas Hukum, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (9Mb)

Abstrak

Berdasarkan Pasal 142 jo Pasal 91 ayat Pendekatan masalah menggunakan pendekatan yuridis normatif dan yuridis empiris. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan. Na r a s u mbe r b e r j u ml a h 4 o r a n g ya k n i j a k s a , ha k i m, PPNS BBPOM d a n d o s e n. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan dilakukan dengan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara Nomor 1351/Pid.B/2015/PN.TJK , yaitu hakim mempertimbangkan aspek yuridis meliputi surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum, keterangan saksi, keterangan terdakwa, barang bukti, tindakan pidana, dan pasalpasal dalam Undang-Undang Pasal 142 jo Pasal 91 ayat Thiomas Briliyan Murol Putusan hakim dalam perkara Nomor 1351/Pid.B/2015/PN.TJK belum memenuhi keadilan substantif karena hakim memutus perkara ini hanya mengacu pada Undang-Undang Pangan yang digunakan dan tidak melihat bahwa pelanggaran lain yang dilakukan adalah melakukan tindak kejahatan dengan menggunakan izin edar merk AMDK lain. Saran penulis yaitu hakim dalam memutus suatu perkara tidak hanya berlandaskan pada pasal yang telah ditentukan. Selain itu diperlukan pengawasan lebih oleh aparat hukum maupun instansi terkait terhadap produksi dan pengedaran pangan olahan Air Minum Dalam Kemasan Kata kunci : Analisis,Produk pangan olahan tanpa izin edar, Dasar Pertimbangan Hakim, Keadilan substantive, Air Minum Dalam Kemasan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 60280660 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2018 02:38
Terakhir diubah: 21 Feb 2018 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir