PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM SISTEM GERAK PADA MANUSIA DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DI KOTA BANDAR LAMPUNG

UUN FEBRIYANI, 1313024088 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM SISTEM GERAK PADA MANUSIA DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1589Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1589Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berargumentasi ilmiah siswa yang masih perlu diperbaiki disebabkan oleh ketidaksesuaian model pembelajaran yang diterapkan dan sumber belajar yang kurang relevan. Proses inkuiri ilmiah dengan Model ADI, dapat melatih argumen siswa melalui praktikum. Kegiatan praktikum didukung oleh penuntun praktikum yang juga disusun sesuai dengan model pembelajarannya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dikembangkan Buku Penuntun Praktikum Sistem Gerak pada Manusia dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) karakteristik buku penuntun praktikum sistem gerak pada manusia yang dipakai oleh sebagian besar guru SMP di Kota Bandar Lampung dan yang dikembangkan dengan model ADI; 2) kondisi optimum alat, bahan, dan prosedur praktikum; 3) penilaian pendidik; 4) keterbacaan siswa; 5) keterlaksanaan kegiatan praktikum; dan 6) validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum yang dikembangkan. Desain penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4D oleh thiagarajan yang terdiri dari 4 langkah, yaitu define, iii design, develop, dan disseminate. Namun, dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap develop. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa angket validasi buku penuntun praktikum, angket keterbacaan siswa, lembar optimasi buku penuntun praktikum, dan lembar observasi keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, karakteristik penuntun sistem gerak pada manusia yang dipakai oleh guru SMP di Kota Bandar Lampung tidak memfasilitasi kegiatan mengkomunikasikan sebagai bentuk pendekatan saintifik Kurikulum 2013, sedangkan penuntun yang dikembangkan dengan model ADI mendukung siswa untuk melatih kemampuan argumentasi. Kondisi optimum alat dan bahan praktikum sistem gerak pada manusia yakni 5 torso rangka, 20 preparat otot, 5 mikroskop, 20 gambar kelaianan tulang manusia dengan prosedur model ADI. Validasi pendidik menghasilkan rerata skor keidealan 94% dengan kategori “baik sekali”, hasil keterbacaan siswa terhadap buku penuntun praktikum memiliki rerata skor keidealan 99% dan termasuk kategori “baik sekali”, hasil optimasi memiliki nilai 3 dan 4 dengan keterangan argumen yang disusun lengkap dan hasil uji keterlaksanaan dari seluruh kegiatan praktikum dengan menggunakan buku penuntun yang dikembangkan memiliki rerata PKP yaitu 98% dengan kriteria “hampir seluruh kegiatan terlaksana”. Berdasarkan hasil penelitaian di atas, buku penuntun praktikum sistem gerak pada manusia dinyatakan valid dan praktis. Kata kunci: argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, sistem gerak pada manusia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 40630811 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2018 03:29
Terakhir diubah: 21 Feb 2018 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30462

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir