NILAI-NILAI SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN BERHALA KARYA DANARTO DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

FEBRI RAMADANI , 1413041030 (2018) NILAI-NILAI SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN BERHALA KARYA DANARTO DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2200Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2633Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai sosial yang terdapat dalam kumpulan cerpen Berhala karya Danarto dan rancangan pembelajaran sastra di SMA? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam kumpulan cerpen berrhala dan rancangan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif kualitatif. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur penyelesaian masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian (novel, drama, cerita pendek, puisi) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukan bagaimana nilai-nilai sosial yang terdapat dalam kumpulan cerpen Berhala dan rancangannya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yang dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Nilai-nilai sosial yang terdapat pada kutipan dialog dalam kumpulan cerpen ini meliputi nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Nilai kerohanian terdiri dari nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral dan nilai religius.. Hasil penelitian dapat digunakan dalam perancangan pembelajaran sastra di SMA pada materi cerpen sesuai dengan KD 3.8 mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek sebagai bentuk apresiasi karya sastra di SMA. Kata kunci: Kumpulan cerita pendek, Nilai sosial, dan Rancangan Pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 80430979 . Digilib
Date Deposited: 22 Feb 2018 02:08
Terakhir diubah: 22 Feb 2018 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30484

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir