DENTI OKTA PUSPITA , 1313041013 (2018) CAMPUR KODE DALAM FILM MY STUPID BOSS DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1646Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1403Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk-bentuk campur kode dalam film My Stupid Boss, bagaimanakah faktor penyebab campur kode dalam film My Stupid Boss, bagaimanakah implikasi campur kode dalam film My Stupid Boss pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk campur kode dalam film My Stupid Boss, mendeskripsikan faktor penyebab campur kode dalam film My Stupid Boss, mengimplikasikan campur kode dalam film My Stupid Boss pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah peristiwa turur tokoh campur kode dalam film My Stupid Boss dan implikasinya pada pembelajaran bahasa di SMA. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campur kode yang terdapat dalam film My Stupid Boss adalah campur kode berwujud kata, campur kode berwujud klausa, campur kode berwujud frasa, dan campur kode berbentuk perulangan kata. Faktor penyebab timbulnya campur kode dalam film tersebut adalah faktor kebahasaan dan faktor latar belakang sikap penutur. Campur kode dalam film My Stupid Boss memiliki implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pembelajaran yang berkaitan dengan campur kode dalam film My Stupid Boss terdapat pada kelas XI, yaitu KD 4.1 menginterpretasi makna teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Film My Stupid Boss dapat digunakan sebagai bahan ajar karena dapat menambah pembendaharaan kosakata baru bagi siswa serta dapat menggunakannya dalam membuat atau menginterpretasi makna teks naskah drama/ film. Kata kunci: bahan ajar, campur kode, film my stupid boss.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 16692103 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Feb 2018 07:36 |
Terakhir diubah: | 21 Feb 2018 07:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30486 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |