PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM TAJUK RENCANA TRIBUN LAMPUNG EDISI APRIL 2016 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

SOCA ANGGRAINI, 1423041030 (2018) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM TAJUK RENCANA TRIBUN LAMPUNG EDISI APRIL 2016 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (785Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (786Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa dalam tajuk rencana Tribun Lampung edisi April 2016 serta implikasinya terhadap pembelajaran menulis eksposisi di SMA. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan ejaan dan kalimat efektif dalam tajuk rencana Tribun Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui analisis tajuk rencana Tribun Lampung menggunakan instrumen penelitian berupa korpus data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ejaan dalam tajuk rencana Tribun Lampung yang paling produktif ketepatannya adalah huruf kapital dan penggunaan ejaan yang rendah tingkat ketepatannya adalah penggunaan huruf miring. Aspek penggunaan kalimat dalam tajuk rencana Tribun Lampung yang paling produktif ketepatannya adalah penggunaan kelogisan kalimat dan penggunaan kalimat yang rendah tingkat ketepatannya adalah penggunaan kehematan kalimat. Implikasinya dalam pembelajaran sebagai referensi untuk mengembangkan keterampilan menulis eksposisi kepada siswa SMA kelas X yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia dengan kompetensi inti 3 memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi pengetahuan faktual, prosedural, konseptual dalam ilmu pengetahuan seni, teknologi, budaya, humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kenegaraan, kebangsaan serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah dengan kompetensi dasar 3.1 memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan dan 4.2 memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan di SMA kelas X secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. Kata kunci: penggunaan bahasa Indonesia, tajuk rencana, pembelajaran. ABSTRACT The problem is discussed in this research are the use of language in the Editorial of Tribun Lampung April 2016 edition and its implications on exposition writing learning in Senior High School. The purpose of the research are to describe the effectiveness spelling using and the effectiveness sentences in the Tribun Lampung Editorial. The method in this research uses descriptive qualitative method. Technique of data collection through analysis of editorial Tribun Lampung using research instrument in the form of corpus of research data. The results of this research shows that the use of spelling in Tribun Lampung's most productive editorial accurate is the capital letters and the use of low spelling accurate is the use of the italic letter. The Aspects of the sentences using in the editorial of the Lampung Tribun most productively accurate is the use of sentence phrases and the use of low sentence accurate is the use of short sentence . The implication in learning as a reference for developing the skills of writing expositions to Senior High School Students of class X are suitable to the curriculum of 2013 Indonesian subjects with the content competencies 3 namely understand, apply, analyze, evaluate factual, procedural, conceptual knowledge in arts, technology, humanities with humanitarian, state, nationalistic and applied insights in the field of specific studies in accordance with their talents and interests to solve their problems with basic competencies 3.1 understand the structure and rules of anecdot text, exposition, the result of observation reports, complex procedure and negotiation either through oral and written and 4.2 produces a coherent exposition text in accordance with the characteristics of the text that will be made both orally and in written for the class X Senior High School independently and the act effectively and creatively and be able to use methods according to scientific rules. Keywords: use of Indonesian language, editorial, learning.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 75137349 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2018 06:34
Terakhir diubah: 23 Feb 2018 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30511

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir