PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

WAHYU BUDI UTAMA , 1523053039 (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1204Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (788Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL pada pembelajaran tematik kelas IV SD dan mengetahui keefektifan dari LKPD berbasis PBL tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen analisis kebutuhan, instrumen validasi ahli, dan instrumen hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N di Kecamatan Kota Gajah yang berjumlah 275 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Saptomulyo dan siswa kelas IV SD N Nambah Rejo yang berjumlah 80 siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda serta uji efektivitas. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk LKPD berbasis PBL pada kelas IV SD yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci :lembar kegiatan peserta didik, problem based learning, hasil belajar siswa. abstract The problem of this study is the low student learning outcomes. This study aimsto develop students activity sheet based on problem based learning on the fourth grade thematic learning of elementary school and to know the effectiveness of students activity sheet based on problem based learning. This research uses a type of research and development or often called R & D. Data collection techniques used were questionnaires, interviews and observations. Research instruments used in the form of instruments needs analysis, expert validation instruments, and student learning outcomes. The population in this research is the fourth grader of SD N in Kecamatan Kota Gajah which is 275 students, while the sample in this research is the fourth grader of SD N 1 Saptomulyo and fourth grader of SD N Nambah Rejo which is 80 students. Data analysis techniques to test the hypothesis in this study using the validity test, reliability test, level of difficulty and distinguishing power and effectiveness test. The result of this development research is students activity sheet product based on problem based learning in grade IV SD which is feasible to be used in learning activity and effective in improving student learning result. Keywords: students activity sheet, problem based learning, learning result

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 94584654 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2018 07:20
Terakhir diubah: 23 Feb 2018 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30532

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir