Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Jasa Pelayanan Rumah Sakit (Studi Kasus Pasien Rawat Inap RSUD Ahmad Yani Di Kota Metro)

PUTRA AULIA NUR IMAN , 1211021092 (2017) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Jasa Pelayanan Rumah Sakit (Studi Kasus Pasien Rawat Inap RSUD Ahmad Yani Di Kota Metro). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (873Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (874Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan jasa RSUD Ahmad Yani di Kota Metro dalam lima dimensi SERVQUAL (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati), 2) menganalisis kebijakan prioritas perbaikan dari kualitas pelayanan jasa RSUD Ahmad Yani Kota Metro, serta 3) mengidentifikasi hubungan karakteristik pasien dengan penilaian kualitas pelayanan jasa RSUD Ahmad Yani Kota Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis uji beda, analisis tingkat kesesuaian kepuasan dengan kualitas pelayanan, serta Importance-Performance Analysis. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini ialah berdasarkan uji beda, analisis kesesuaian kepuasan pasien, dan analisis kesenjangan kenyataan-harapan dari lima dimensi SERVQUAL, pasien puas terhadap kualitas pelayanan RSUD Ahmad Yani Kota Metro. Dimensi kualitas terbaik adalah empati dan terendah adalah daya tanggap. Analisis uji Chi Square memperlihatkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara karakteristik responden kategori tingkat pendidikan, pekerjaan, faktor memilih jasa RSUD Ahmad Yani dan tipe ruang rawat inap dengan penilaian kualitas pelayanan jasa RSUD Ahmad Yani Kota Metro. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Kesehatan Masyarakat abstract The purpose of this research is 1) measuring the level of patient satisfaction on service quality of Ahmad Yani Hospital in Metro City in five dimensions SERVQUAL (tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy); 2) to analyze policy improvement priority of service quality of RSUD Ahmad Yani Metro City, and 3) identify the correlation between characteristics of patient with assessment of service quality of RSUD Ahmad Yani Metro City. The research method used is different test analysis, compatibility analysis of satisfaction level with service quality, and Importance-Performance Analysis. The conclusions obtained from this study based on different test analysis, satisfaction level with service quality analysis, and gap analysis between the expectation-reality from five dimensions of SERVQUAL is patient satisfied with the service quality of RSUD Ahmad Yani Metro City. The best quality dimension is empathy and lowest is the responsiveness. Analysis of Chi Square test shows there is correlation from respondent characteristic which is level of education, occupation, factor of choosing services of Ahmad Yani Hospital and type of hospitalized patient with assessment of service quality RSUD Ahmad Yani Metro City. Keywords: Public Service, Quality of Service, Public Health

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> HC Economic History and Conditions
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Ekonomi Pembangunan
Pengguna Deposit: 54042360 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2018 08:08
Terakhir diubah: 23 Feb 2018 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30545

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir