PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR DALAM KAITANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KESUMA WARDANI, 1423031076 (2017) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR DALAM KAITANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, MAGISTER PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1535Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1998Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar dalam kaitannya dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro yang berjumlah 140 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah 104 siswa. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program Statistikal Package for the Social Sciens atau SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji regresi linier dengan analisis jalur. Berdasarkan analisis data diperoleh Hasil sebagai berikut. (1) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017 yang ditunjukan oleh hasil angka beta diperolah 515,9% pada taraf signifikansi 0,05. (2) Ada pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017 yang ditunjukan oleh hasil angka beta diperolah 72,4% pada taraf signifikansi 0,05.(3) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun 2016/2017 yang ditunjukan oleh hasil angka beta diperolah 58,9 % pada taraf signifikansi 0,05.(4) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 57,3%. pada taraf signifikasi 0,05.(5) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS melalui kreativitas belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 37,3%. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Kreativitas Belajar, dan Prestasi Belajar IPS abstract This study aims to determine whether or not the influence of learning independence on learning creativity in relation to student achievement class VII SMP Muhammadiyah 1 Metro academic year 2016/2017. The research method used in this research is descriptive verification with ex post facto approach. The population in this study were all students of grade VII Muhammadiyah 1 Metro, which amounted to 140 students, and the sample in this study was 104 students. Data collected through questionnaires, processed by computer through Statistical Package for the Social Sciens or SPSS version 16. To test the hypothesis using linear regression test with path analysis. Based on data analysis, the following results are obtained. (1) There is influence of learning independence to creativity of student learning class VII SMP Muhammadiyah 1 Metro academic year 2016/2017 which shown by result of beta number obtained 515,9% at significance level 0,05. (2) There is influence of learning creativity toward IPS student achievement class VII SMP Muhammadiyah 1 Metro academic year 2016/2017 which indicated by result of result number beta 72,4% at significance level 0,05. (3) There is influence of learning independence to achievement Learning IPS class VII students of SMP Muhammadiyah 1 Metro in 2016/2017 which is shown by the results of beta rate is 58.9% at significance level 0.05. (4) There is an influence of learning independence to the creativity of students learning class VII SMP Muhammadiyah 1 Metro lesson year 2016/2017 of 57.3%. At the 0.05 significance level. (5) There is the influence of learning independence on IPS learning achievement through the creativity of students learning class VII SMP Muhammadiyah 1 Metro academic year 2016/2017 of 37.3%. Keywords: Learning Independence, Learning Creativity, and IPS Learning Achievement

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 20801198 . Digilib
Date Deposited: 26 Feb 2018 06:44
Last Modified: 26 Feb 2018 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30574

Actions (login required)

View Item View Item