EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN

Syarif, RENDI SAPUTRA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (2142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (180Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1361Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Efektivitas model pembelajaran problem solving pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 200 siswa dan tersebar dalam lima kelas yaitu XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3, XI IPA4 dan XI IPA5. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA3 yang memiliki karakteristik hampir sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan yaitu 0,54 dan 0,63. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Kata kunci: keterampilan bertanya, keterampilan menjawab pertanyaan, pembelajaran problem solving,

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 Jan 2014 02:02
Last Modified: 10 Jan 2014 02:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item