DEBBIE MAHARANI , 1315011029 (2018) PEMILIHAN STRATEGI KEBIJAKAN TRANSPORTASI DI BANDAR LAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1561Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1561Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kepadatan lalu lintas yang meningkat dengan cepat akhir-akhir ini di Kota Bandar Lampung, telah menimbulkan masalah yang cukup serius di berbagai bidang, seperti waktu tempuh perjalanan yang bertambah lama, dan pencemaran udara yang semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan prioritas kebijakan Pemerintah dalam upaya menurunkan tingkat kepadatan lalu lintas di kota Bandar Lampung Penelitian ini menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai metodenya. Metode ini digunakan untuk menganalisis 11 kebijakan alternatif kemacetan lalu lintas yang diusulkan oleh Key Informans yang telah melalui proses wawancara sebelumnya. Alternatif-alternatif tersebut dibagi ke dalam empat aspek, yakni Aspek Ekonomi, Aspek Sosial Budaya, Aspek Lingkungan dan Aspek Kelembagaan. Seluruh alternatif kebijakan akan dianalisis oleh responden ahli. Hasil dari penelitian ini berdasarkan seluruh alternatif dari tiap aspek oleh masing-masing responden adalah memilih kebijakan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dengan Pembenahan Angkutan umum (bus kota) dengan Inkonsistensi Rasio sebesar ≤ 0,1 yang berarti bahwa analisis ini konsisten dan dapat diterima untuk dijadikan sebuah kebijakan. Pembenahan Angkutan Umum merupakan prioritas tertinggi diantara alternatif- alternatif lainnya. Pembenahan Angkutan Umum memiliki tujuan utama mengurangi jumlah kendaraan di jalanan agar kapasitas tampak lebih lebar. Pembenahan angkutan umum dapat secara efektif dalam mengurangi kemacetan lalu lintas di Kota Bandar lampung pada khususnya jika diimplementasikan secara benar dan disiplin oleh pemerintah dan masyarakat Kata kunci: Analytical Hierarchy Process (AHP), Kepadatan lalu lintas, Pembenahan Angkutan umum abstarct Traffic density is increasing rapidly in Bandar Lampung recently,has risen a serious problem in many fields such as prolonged travel time, and increased air pollution. The purpose of this research is to find the priority of government policy in an attempt to lower the level of traffic density in the city of Bandar Lampung This research uses Analytical Hierarchy Process (AHP) as its method. This method is used to analyze 11 alternative traffic congestion policies proposed by Key Informans that have been through the previous interview process. These alternatives are divided into four aspects, namely Economic Aspects, Socio- Cultural Aspects, Environmental Aspects and Institutional Aspects. All policy alternatives will be analyzed by respondents or Key experts. The results of this study based on all alternatives from each aspect by each respondent is choosing a policy to reduce traffic congestion by improving public transport (city bus) with inconsistency ratio about ≤ 0,1, it means that this analysis is consistent and could be accepted to be made a policy. Public Transport Improvement is the highest priority among other alternatives. Public Transport Improvement has the main objective of reducing the number of vehicles on the streets so that the capacity appears wider. Public transportation improvements can be effective in reducing traffic congestion in Bandar Lampung City in particular if implemented properly and disciplined by government and community Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), improvement of public transport, Traffic congestion,
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Teknologi (General) > Teknologi (General) Teknologi (General) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | 11660047 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Feb 2018 08:58 |
Terakhir diubah: | 27 Feb 2018 08:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30644 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |