EKA FIRAYOGI, 1013079193 (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 JATIBARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (176Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (304Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 JATIBARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh Eka Firayogi Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 3 Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 3 Jatibaru Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahapan-tahapan yang terdiri atas 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar mengajar dan untuk data kuantitatif melalui hasil tes formatif. Observasi aktivitas belajar siswa siklus I dengan nilai 57,13% kategori cukup, pada siklus II 76,78% dengan kategori baik, meningkat sebesar 19,65%. Hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata 66,87, siklus II menjadi 79,72 dengan peningkatan 12,85. Hasil kerja kelompok pada siklus I dengan nilai tertinggi 85, siklus II menjadi 95, dengan peningkatan 10 serta pencapaian KKM yang semula siklus I hanya 68,95%, dan silkus II menjadi 95,83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKN dengan menggunakan metode diskusi kelompok sangat efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil belajar, metode diskusi kelompok
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 618209 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 06:10 |
Terakhir diubah: | 22 Aug 2014 06:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3065 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |